ABC

Billboard Gadis Berhijab Akan Dipasang Di Seluruh Australia

Penggalangan dana lewat internet (crowdfunding) menghasilkan cukup dana untuk memasang billboard gadis berhijab di seluruh Australia, setelah billboard mempromosikan Australia Day di Melbourne diturunkan setelah adanya protes.

Billboard tersebut diturunkan di Cranbourne, sekitar 50 km dari pusat kota Melbourne setelah perusahaan iklan yang memasangnya mendapat ancaman karena memasang gambar dua gadis muslim berhijab.

Kampanye anti rasisme kemudian meluncurkan penggalangan dana untuk membiayai agar billboard tersebut bisa dipasang kembali, dan mengumpulkan dana $125.000 (sekitar Rp 1,25 miliar) dalam waktu 24 jam.

Pengorganisir penggalangan dana Dee Madigan mengatakan billboard tersebut akan kembali dipasang di tempat yang sama dalam beberapa hari mendatang, dan akan dipasang di berbagai kota di Australia.

"Dan kemudian ketika hal seperti ini terjadi, membuat kita berkesimpulan 'tidak, mereka tidak menang. Masih ada banyak orang baik di sini."

"Mereka menekan sehingga satu diturunkan, kami akan memasang 20 kembali."

Madigan mengatakan dia berharap bahwa mereka akan memasang iklan di surat kabar juga.

Dia mengatakan orang-orang memberikan sumbangan karena penurunan billboard tersebut menghina 'rasa keadilan."

"Mereka yang mengeluh bahwa warga muslim Australia tidak berasimilasi juga adalah orang yang mengeluh adanya dua gadis muslim Australia yang memegang bendera Australia merayakan Australia Day."

"Mereka tidak bisa menang. Mereka akan dikecam bila tidak berasimilasi, juga dikecam ketika mereka sudah berbaur."

"Saya kira ini ada perasaan 'cukup sudah', ini hal konyol dan tidak adil."

Diterjemahkan pukul 14:45 AEST 19/1/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini