ABC

Biaya Transportasi di Sydney Rp 4 Juta Seminggu

Menurut laporan terbaru di Australia, Sydney menjadi kota yang paling mahal untuk biaya transportasi, dengan setiap keluarga rata-rata menghabiskan $ 420 (sekitar Rp 4 juta) untuk transportasi.

Sebuah badan bernama The Australian Automobile Association (AAA) mengeluarkan laporan nasional untuk pertama kalinya mengenai Indeks Kemampuan Membayar Transport (Transport Affordability Index.)

AAA meminta kepada kelompok perencana dan ekonomi SGS yang baru-baru ini menyelesaikan Tingkat Kemampuan Membeli Rumah (Housing Affordability Index) untuk membuat laporan mengenai dampak biaya transportasi terhadap keluarga di Australia.

Biaya Transportasi Mingguan

City Jan-Mar Apr-Jul
Sydney $420.11 $419.06
Melbourne $352.52 $348.49
Brisbane $380.71 $375.64
Perth $305.80 $300.99
Adelaide $287.79 $285.66
Hobart $278.73 $271.17
Darwin $295.14 $286.28
Canberra $305.52 $299.61
Rerata Nasional $328.29 $323.36

Sumber: Transport Affordability Index

Direktur Eksekutif AAA Michael Bradley mengatakan Indeks ini menunjukkan berapa biaya transport yang harus dikeluarkan sebuah keluarga di seluruh Australia.

"Warga Australia tahu bahwa transport memang mahal, namun mungkin mereka akan terkejut dengan betapa mahalnya biaya transportasi tersebut. Rerata keluarga akan menghabiskan $ 14 ribu (sekitar Rp 140 juta) setahun di Hobart, sementara di Sydney Barat, biaya itu akan sekitar $ 22 ribu (sekitar Rp 220 juta)."

Juru bicara AAA Nick Tyrrell mengatakan indeks ini meliputi keseluruhan biaya transportasi, termasuk kepemilikan sebuah mobil, dengan biaya yang harus dibayar untuk membeli mobil dan biaya sehari-hari untuk menjalankannya selain juga biaya transportasi publik.

Tyrrell mengatakan Sydney paling mahal, dengan 17 persen dari penghasilan rumah tangga harus dihabiskan untuk transportasi.

"Ini cukup mengagetkan, 420 dollar per minggu untuk satu keluarga di Sydney, dan kalau kita pikirkan, ini adalah biaya besar."

"Pengeluaran adalah untuk transportasi publik membayar cicilan mobul di Sydney. Sydney adalah kawasan paling mahal untuk biaya pendaftaran kendaraan, asuransi, dan pembuatan SIM." kata Tyrell.

Kota termahal kedua adalah Brisbane dengan pengeluaran sekitar $ 380, disusul Melbourne dengan $ 352.

Pengeluaran transport paling murah adalah di Adelaide (Australia Selatan) yaitu $ 287 seminggu dan Hobart (Tasmania) $ 278.

Ketidakmampuan membeli rumah menaikkan biaya transportasi

Dalam reaksinya Peter Khoury dari organisasi permobilan New South Wales NRMA mengatakan indeks itu tidak mengejutkan, khususnya karena semakin banyak orang yang harus bepergian jauh ke tempat kerja.

"Biaya tol paling tinggi dalam daftar indeks. Bagi banyak orang di Sydney Barat dan Sydney Barat Daya, jalan tol adalah satu-satunya opsi, bila ingin melakukan perjalanan, belum lagi biaya BBM dan lainnya." kata Khoury.

"Ketidakmampuan membeli rumah membuat warga harus tinggal lebih jauh dari tempat tinggal karena harga. Karenanya tentu saja meningkatkan biaya transportasi."

"Salah satu hal yang menjadi keluhan anggota kami adalah kemacetan, tidak saja mengakibatkan biaya lebih tinggi, namun biaya sosial juga."

Tyrrell mengatakan AAA membuat laporan indeks atas nama konsumen untuk menekan pembuat kebijakan.

"Ada beberapa hal besar yang bisa dilakukan pemerintah negara bagian dan federal. Ada kebutuhan bagi koordinasi yang lebih baik antar kedua tingkat pemerintahan untuk membantu keluarga. Ini bukan sekedar masalah mobil, anggota kami berbicara mengenai keseluruhan infrastruktur transportasi, termasuk jalan dan transportasi publik." kata Tyrell.

Diterjemahkan pukul 13:48 AEST 22/8/2016 oleh Sastra Wijaya.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini