ABC

Besok Hujan Lebat, Sydney Terancam Banjir

Tekanan udara rendah yang bergerak ke wilayah pesisir negara bagian New South Wales, memicu peringatan kemungkinan banjir bandang di Kota Sydney besok pagi (28/11/2018).

Menurut prakiraan Biro Meteorologi setempat, angin kencang, hujan lebat, dan ombak besar akan menerjang NSW. Wilayah paling parah diperkirakan meliputi Illawarra, Kota Sydney, Hunter, dan Central Coast.

Disebutkan, angin dengan kecepatan rata-rata 60–70 kilometer per jam dengan puncaknya pada 90 kilometer per jam, kemungkinan menerjang pesisir Illawarra dan pinggiran Sydney pada Rabu pagi.

Jordan Notara dari Biro Meteorologi menjelaskan beberapa bagian Kota Sydney kemungkinan banjir.

"Sydney saat ini tampaknya akan alami banjir lokal di bagian utara serta selatan. Hal itu karena akan terjadi karena badai hujan pada hari itu," katanya.

"Daerah-daerah tersebut akan mengalami hujan cukup signifikan mulai hari Rabu karena tekann udara bergerak ke pesisir," jelasnya.

Tekanan udara rendah diperkirakan bergerak ke barat laut NSW hari Selasa ini dan selanjutnya menuju ke tenggara, dengan kecepatan yang terus meningkat saat melintasi pesisir wilayah Greater Sydney.

Curah hujan paling tinggi kemungkinan terjadi Rabu pagi, dan diperkirakan melemah pada malam hari hingga dan Kamis pagi di saat tekanan udara rendah bergerak menjauhi pesisir.

Dinas Layanan Darurat meminta warga memindahkan kendaraannya dari sekitar pepohonan, memperbaiki bagian-bagian rumah dan balkon yang longgar serta jangan sekali-kali mengemudi menerjang banjir.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.