ABC

Berwisata ke Penjara Tua Bersejarah di Australia

Australia terkenal akan masa lalu rumah tahanannya. Pada tahun 1770, penjelajah Kapten James Cook mengklaim pantai timur Australia atas nama Inggris, dan karena lokasi terpencilnya, Australia dianggap sebagai lokasi sempurna untuk mengirim tahanan setelah Amerika menolak untuk menerima lagi pada tahun 1782.

Sekitar 162.000 laki-laki dan perempuan yang dinyatakan bersalah atas tindak pidana kemudian dikirim ke negara koloni, Australia, selama 80 tahun berikutnya.

Pada awalnya, ketika sejumlah penjara ini dibangun, mereka dikenal dengan sebutan ‘gaol’.

Ejaan ‘gaol’ adalah ejaan yang diterima dalam bahasa Inggris Australia sampai tahun 1990-an dan sampai dianggap sebagai ejaan masa lalu. Kini, warga Australia menggunakan ejaan Inggris, ‘jail’, untuk menyebut penjara.

Penjara Boggo Road
Penjara Boggo Road di Brisbane telah menampung beberapa tahanan paling terkenal di Australia, dan juga menampung satu musisi yang sangat terkenal.

Supplied: Boggo Road Gaol

Walau Australia tak lagi dikaitkan dengan populasi tahanannya, dinding tua dari begitu banyak penjara asli masih berdiri, menjadi obyek eksplorasi bagi para penggemar sejarah.

Ini adalah bagian dari tren yang telah berkembang di Australia dan di seluruh dunia, yang dikenal dengan sebutan ‘pariwisata gelap’; mengunjungi situs sejarah yang berhubungan dengan kematian atau penderitaan.

Apakah Anda setuju dengan jenis pariwisata ini atau tidak, jika Anda melihat sebuah penjara tua dalam perjalanan Anda keliling Australia, sekarang ini Anda bisa mengunjunginya tanpa khawatir dipenjarakan.

Rasakan pengalaman hidup di balik jeruji besi di enam penjara tua paling menarik di seluruh Australia:

Penjara Old Darlinghurst, Sydney

Butuh lebih dari 30.000 ton pasir untuk membangun dinding eksterior besar dari Penjara Old Darlinghurst di Sydney, sebelum ia dibuka pada tahun 1841 untuk tahanan pertama.

Pada bulan Juni tahun itu, 119 tahanan laki-laki dan 50 tahanan perempuan yang dirantai berjalan kaki dari penjara George Street ke kompleks yang baru, mendapat lemparan buah busuk dari para penonton di sepanjang jalan.

Eksekusi berlangsung di dalam Gerbang Forbes Street, di mana 76 tahanan telah digantung sepanjang sejarah penjara ini.

Kini, kompleks besar digunakan untuk tujuan yang sama sekali berbeda dan lebih menginspirasi. Ia beroperasi sebagai ‘Sekolah Seni Nasional’ di mana Anda bisa melihat siswa yang berdandan funky bergegas di antara bangunan indah ini untuk sampai ke kelas. Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang sejarah penjara ini dalam tur berpemandu yang diadakan beberapa kali dalam setahun.

Penjara Old Melbourne
Dinding tinggi di Penjara Old Melbourne, Victoria.

Supplied: Old Melbourne Gaol

Penjara Boggo Road, Brisbane

Penjara bersejarah Boggo Road, yang terletak di pinggiran Brisbane -Dutton Park, ini terkenal sebagai salah satu penjara paling kejam di Australia, dan terkenal karena kerusuhan di atap dan narapidana yang kabur.

Menampung narapidana pertama di tahun 1883, penjara ini beroperasi selama lebih dari satu abad.

Salah satu fakta paling menarik dan tak diketahui tentang penjara tua ini adalah bahwa ia sempat menjamu konser kecil dari ikon musik blues dan country -Johnny Cash –pada bulan Maret 1971. Legenda ini diberi izin untuk tampil di hadapan sekelompok kecil tahanan di aula konser dari Divisi Nomor 1. Sayangnya, tak ada media yang diundang dalam konser itu dan tak ada foto-foto yang diabadikan dari peristiwa bersejarah ini.

Kini, penjara ini hanya terbuka untuk wisatawan, tetapi disebut-sebut berhantu karena penampakan penjaga penjara tua yang dibunuh secara brutal oleh dua narapidana.

Jika hantu penjaga tak menarik bagi Anda, pecinta seni kontemporer bisa mengikuti tur berpemandu di dinding grafiti penjara di mana para tahanan menyatakan rasa frustrasi, kemarahan, rasa sakit serta humor mereka di permukaan dinding Divisi Nomor 2.

Maitland Gaol
Penjara Maitland dari belakang dapur hingga lapangan.

Supplied: Maitland Gaol

Penjara Old Melbourne, Melbourne

Penjara Old Melbourne mengeksekusi 133 hukuman gantung dalam sejarah 87 tahun berdirinya, termasuk eksekusi gantung buronan Australia paling terkenal -Ned Kelly -pada 11 November 1880.

Bagi yang belum tahu, Ned Kelly adalah salah satu pahlawan rakyat terhebat Australia yang mati di Penjara Old Melbourne ketika ia baru berusia 25-tahun, setelah bertahun-tahun kabur dari hukum.

Kini, Anda bisa mengunjungi Penjara Old Melbourne untuk mencari tahu seperti apa kehidupan laki-laki dan perempuan yang menjalani hukuman dan mati di sana bertahun-tahun lalu.

Penjara ini adalah salah satu bangunan tertua di Melbourne dan dianggap sebagai salah satu atraksi di Melbourne yang wajib dikunjungi.

Jika Anda merasa cukup berani, Anda bisa menghabiskan waktu di ‘watch house’ atau ikut Tur Malam ‘Hangman’ -mungkin bukan ide yang baik jika Anda memiliki anak-anak yang mengikuti anda.

Penjara Hobart
Kapel penjara yang bersejarah di Hobart.

Penjara Maitland, pedalaman New South Wales

Ketika Penjara Maitland ditutup pada tanggal 30 Januari 1998, ia adalah lembaga pemasyarakatan yang beroperasi terlama di New South Wales.

Terletak di Hunter Valley, sekitar 170 kilometer di sebelah utara pusat kota Sydney, ia mudah untuk dikunjungi siapapun yang berminat dalam sejarah pedalaman Australia.

Enam belas orang dieksekusi di Penjara Maitland antara tahun 1843 dan 1897, dan eksekusi itu terbuka untuk umum sampai tahun 1861, ketika perempuan dan anak-anak tidak lagi dianggap layak untuk menyaksikannya. Dengan masa lalu yang mengerikan itu, tak mengejutkan jika ada cerita angker yang masih menghantui penjara tersebut hingga hari ini, yang bisa saja muncul dalam tur hantu.

Kini, ketika penjara ini tak lagi menampung tahanan -namun  membukanya untuk umum -Penjara Maitland Gaol menjamu banyak acara yang unik sepanjang tahun, yang menampikan banyak acara termasuk Festival Bir Butik ‘Bitter dan Twisted’ dan Festival Musik Hard Grime.

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Penjara Tua

Penjara Fremantle, Australia Barat

Penjara Fremantle adalah penjara terbesar di Australia dan satu-satunya bangunan di Australia Barat yang masuk Daftar Warisan Dunia. Ia digunakan untuk memenjarakan narapidana selama hampir 140 tahun, tetapi dinonaktifkan sebagai penjara berkeamanan maksimum pada tahun 1991.

Tujuan wisata favorit di pantai barat Australia ini telah dinilai oleh situs Trip Advisor sebagai salah satu dari 10 Tempat Menonjol di Australia di samping Opera House Sydney dan Museum Perang Australia, yang tentu saja cukup mengesankan.

Jika itu bukanlah alasan yang cukup untuk berkunjung, maka ikutilah penjelajahan penjara di kedalaman 20 meter bawah tanah untuk menelusuri labirin terowongan dengan berjalan kaki, kemudian naik perahu tahanan replika untuk menjelajahi lorong-lorong terendam yang hanya bisa diakses dengan perahu, di terowongan tempat tahanan bekerja keras.

Penjara Fremantle
Penjara Fremantle di Australia Barat adalah salah satu dari 11 rumah tahanan Australia yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia.

Penjara Old Hobart, Tasmania

Penjara H.M. Hobart, yang juga dikenal dengan sebutan Penjara Campbell Street atau 'The Tench' (seperti yang biasa diucapkan narapidana saat itu), dibuka pada tahun 1821 dan dioperasikan selama lebih dari 100 tahun.

Terletak di pusat Hobart, situs terpidana ini memiliki lebih dari 50.000 tahanan dalam sejarahnya, dan sekarang dijalankan oleh lembaga ‘National Trust’.

Banyak warga sekedar melewati situs penting ini ketika mengunjungi situs bersejarah Port Arthur di tenggara Hobart, tapi ‘The Tench’ dianggap sebagai permata tersembunyi di jalur wisata.

Bangunan ini terus berkembang untuk memberi ruang bagi meningkatnya jumlah narapidana yang tiba di Australia, dengan penambahan sel kurungan di bawah lantai kapel. Inilah yang kemudian dinyatakan tidak manusiawi setelah penjara berhenti beroperasi pada tahun 1960-an.

Di samping tur hantu, lembaga ‘National Trust’ juga melakukan pemutaran video ‘Pandemonium’, pengalaman serupa film di Kapel Penjara yang asli tempat di mana  para narapidana benar-benar duduk.

Diterbitkan Pukul 11:00 AEST 15 November 2016. Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.