ABC

Bert Van Marwijk Jadi Pelatih Timnas Sepakbola Australia

Mantan pelatih timnas Belanda Bert Van Marwijk sekarang akan menangani timnas Australia di putaran final kejuaraan sepakbola Piala Dunia 2018 di Rusia.

Van Marwijk akan menggantikan Ange Postecoglou, yang meninggalkan jabatannya bulan November lalu setelah berhasil membawa The Socceroos lolos ke putaran final.

Van Marwijk sebelumnya menangani timnas Belanda di Piala Dunia 2010 dan juga berhasil membawa tim Arab Saudi ke putaran final Piala Dunia tahun ini.

Ketua Federasi Sepakbola Australia (FFA) Steven Lowy mengatakan pengalaman Van Marwijk sebagai pelatih membuatnya cocok untuk membawa timnas Australia ke Piala Dunia yang akan dimulai bulan Juni.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

"Ini adalah hasil yang bagus bagi sepakbola Australia." kata Lowy.

"Dia banyak mengetahui mengenai tim kami, dan bagaimana kami bermain, karena dia mempelajari dengan dekat sebagai tim pesaing di putaran kualifikasi Piala Dunia."

"Pengalamannya membuat dia menjadi pilihan yang tepat."

Van Marwijk membawa Arab Saudi ke putaran final sebelum kemudian mengundurkan diri karena berselisih dengan federasi sepakbola negeri itu.

"Saya ingin kami menang"

Australia akan berada bersama dengan Perancis, Denmark dan Peru di putaran final, dan merupakan penampilan keempat berturut-turut bagi The Socceroos di putaran final.

Van Marwijk mengatakan sudah mengetahui kekuatan tim Australia yang akan dipegangnya, dan mengatakan timnya akan bertarung agresif di Rusia bulan Juni nanti.

Socceroos' Aaron Mooy and Jackson Irvine look on as Saudi Arabia celebrates equaliser
Para pemain Arab Saudi merayakan gol kedua ke gawang Australia di pertandingan kualifikasi Piala Dunia grup Asia di Adelaide bulan Juni 2017.

AAP: David Mariuz

"Saya sudah mengetahui banyak mengenai para pemain dan bagaimana mereka bermain, karena saya melatih tim musuh selama babak kualifikasi Piala Dunia tahun 2016 dan bulan Juni tahun lalu." katanya dalam sebuah pernyataan.

"Saya juga terkesan dengan penanganan timnas oleh FFA selama beberapa tahun terakhir."

"Kita tidak ke Rusia hanya sekedar untuk bertanding. Saya ingin kami menang."

Mantan manajer timnas Australia yang sekarang melatih klub Sydney FC Graham Arnold sebelumnya juga merupakan salah satu calon, namun minggu lalu mengatakan tidak tertarik menangani timnas lagi.

Pelatih lain yang disebut-sebut juga dipertimbangkan untuk menjadi pelatih timnas Australia adalah Roberto Mancini, Jurgen Klinsmann, Slaven Bilic, Louis van Gaal dan Marcelo Bielsa.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini