ABC

Bersepeda Bersama untuk Menghormati Korban Penyanderaan Sydney

Sekelompok pengendara sepeda di Sydney ambil bagian dalam acara bersepeda bersama untuk menghormati korban insiden penyanderaan di Martin Place serta orang-orang yang selamat dalam tragedi tersebut.

 

Banyak dari mereka yang ambil bagian dari acara bersepeda bersama ini berasal dari komunitas muslim, mereka berkumpul di Mesjid Lakemba di Barat Daya Sydney Minggu pagi untuk memulai perjalanan bersepeda mereka di pusat kota.
 
Kelompok yang terdiri dari 50 orang pengendara sepeda ini meninggalkan bunga di tugu peringatan untuk memberikan penghormatan kepada Katrina Dawson dan Tori Johnson, yang meninggal dalam pengepungan di Lindt cafe.
 
Mereka juga mengheningkan cipta selama satu menit dan memegang poster dan spanduk bertuliskan kata-kata 'i ll ride with you' - yang merujuk ke tren hashtag twitter yang banyak digunakan untuk mendukung komunitas Islam setelah pengepungan.
 
Sophie Bartho pesepeda dari New South Wales mengatakan acara bersepeda bersama ini merupakan bentuk penghargaan sederhana namun penuh kasih.
 
"Ini cara yang menyenangkan untuk menunjukkan kesatuan yang ada di masyarakat dan bahwa kita semua saling mendukung apapun latar belakang dan keyakinan kita," katanya.
 
"Kami memiliki keragaman yang sangat besar ... dan menarik karena mereka mengatakan sepeda adalah simbol kebebasan, jadi saya pikir ada perspektif lain yang merefleksikan realitas itu."
 
Sabtu malam ribuan orang untuk terakhit kalinya memberikan penghormatan terakhir kepada para korban penyanderaan di acara Carols tahunan di yang didominasi konser Natal.
 
Produser eksekutif Carols di Domain, Michael Mackay, mengatakan acara yang turut dihadiri oleh Menteri Utama NSW, Mike Baird dan anggota staf cafe Lindt - mengakui penyaderaan itu sebagai upaya untuk membantu menyatukan kota Sydney.
 
"Kami melihat ini sebagai Carols kita yang paling penting dalam konser domain yang pernah dilakukan," katanya.
 
"Kami memahami apa maknanya penyanderaan itu bagi orang di Sydney pada khususnya dan kami memahami bahwa orang ingin datang ke acara ini dan mereka melihat peristiwa ini sebagai mungkin bagian dari proses penyembuhan."
 
Pasca insiden penyanderaan ini, keamanan di Kota Sydney semakin ditingkatkan dan juga  di Martin Place,  terlihat dengan peningkatan kehadiran polisi yang dilanjutkan hingga ke tahun baru.