ABC

Bermain Bersama Kanguru Manja

Ballarat Wildlife Park letaknya berada di tengah hutan perbukitan di Kota Ballarat, Victroria, Australia. Ratusan kanguru dipelihara di tempat ini.

detikcom dan 2 media lain yang difasilitasi Australia Plus ABC International mengunjungi Ballarat Wildlife Park beberapa waktu yang lalu. Saat kami tiba, puluhan kanguru sedang asyik berjemur di depan pintu masuk area taman.

Kanguru-kanguru itu sama sekali tidak takut dengan kedatangan manusia. Mereka tetap santai berjemur dan beberapa ada yang tiduran di atas rumput.

Di bagian belakang kebun ini ada sebuah lapangan terbuka seluas 3 kali lapangan bola. Lapangan itu menjadi tempat tinggal ratusan kanguru.

kanguru dua.jpg
Memberi makan kanguru di Ballarat Wildlife Park. (Foto: Ikhwanul Khabibi/detik.com)

Pengunjung pun bisa bermain bebas bersama ratusan kanguru itu. Pengelola Ballarat Wildlife Park menyediakan makanan kanguru berupa campuran biji-bijian yang bisa dibeli pengunjung. Satu kantong besar makanan kanguru dihargai AUD 10 (sekitar Rp 100 ribu).

Saat ada pengunjung datang, kanguru akan langsung mendekat. Pengunjung tinggal menyodorkan tangan berisi makanan.

Kanguru-kanguru itu akan langsung melahap makanan yang diberikan. Saat kanguru makan, pengunjung bebas mengelus-elus kepala kanguru. Ekspresi mereka saat dielus-elus sangat lucu.

Kanguru mulai dari bayi hingga yang sudah dewasa ada di taman ini. Saat memberi makan induk kanguru, pengunjung juga bisa mengelus-elus bayi kanguru yang berada di kantung induknya.

Selesai makan, kanguru akan bermain. Salah satu permainan yang sangat terkenal di Australia adalah kangaroo boxing. Ya, kanguru sangat gemar bertinju.

kanguru tiga.jpg
Dua ekor kanguru "berkelahi" sementara seekor lainnya menonton mereka. (Foto: Ikhwanul Khabibi/detik.com)

Dua kanguru terlihat saling meninju satu sama lain. Ekor mereka gunakan sebagai tumpuan saat melayangkan tinju ke lawan.

"Bug, bug, bug," suara tinju dari kanguru terdengar begitu kencang.

Dua kaki panjang mereka menjadi senjata andalan untuk meninju lawan. Mereka bisa bertinju hingga lebih dari lima menit.

Namun setelah bertinju mereka kembali bermain dan berlarian bersama. Beberapa kanguru memilih berjemur dan tiduran di atas rumput hijau di taman itu.