ABC

Berkunjung ke Rumah Bergaya Hobbit di Australia Barat

Nigel Kirkwood, yang dengan senang hati menyebut dirinya sebagai hobbit modern, tinggal di rumah impiannya di barat daya Australia Barat (WA).

Rumah yang terlindungi oleh bumi di Quindalup, sekitar 20 kilometer dari Busselton, Australia Barat jauh dari rumah-rumah tipikal.

Ada hampir 1.000 ton tanah di atas rumah milik Nigel Kirkwood, yang membantu rumah itu mempertahankan suhu yang konsisten sepanjang tahun.

Nigel Kirkwood mengatakan dirinya mampu menghemat sampai $ 100 atau sekitar Rp 1 juta per siklus dengan tidak memiliki pemanasan dan pendinginan.

"Saat kita duduk di sini sekarang sekitar 17 derajat celcius  ... ini yang paling dingin yang pernah saya rasakan disini," katanya.

Nigel Kirkwood didalam rumah hobbitnya
Interior dibagian dalam rumah Nigel Kirkwood didominasi material dari kayu dan besi.

ABC South West: Roxanne Taylor

Rumah Kirkwood tidak gelap dan suram, seperti dugaan banyak orang terhadap rumah ang terkubur setengahnya di dalam tanah, memiliki jendela besar dan kayu di dinding dan lantai.

Di musim panas bagian atapnya diharapkan akan ditutupi dengan bunga, dimana Nigel Kirkwood berharap bunga-bunga itu akan menarik perhatian segala jenis burung dan serangga ke rumahnya.

Rumah itu disatukan dengan hampir 19 ton baja berkualitas tinggi dan dilapisi oleh lapisan tahan air Polyurea, yang membuatnya sangat tahan api.

Nigel Kirkwood telah bekerja sekitar 25 tahun di industri pertambangan di Australia Barat (WA) dan dia mengatakan pengalamannya ini telah menginspirasinya untuk membangun rumah tersebut.

Rumah hobbit milik Nigel Kirkwood di Quindalup
Rumah-rumah yang beratapkan tanah memiliki keuntungan tahan api.

ABC South West: Roxanne Taylor

Kerangka baja

Direktur Solar Dwellings, Griff Morris mengatakan ada sejumlah rumah di bagian timur Australia Barat yang juga dilapisi bumi seperti ini, namun katanya kerangka baja yang membuat rumah ini sangat unik.

"Menggunakan bahan dari baja ini sangat baru, bukan untuk bentuk bangunannya tapi menggunakan struktur bergelombang seperti ini," katanya.

Griffs Morris mengatakan struktur bangunan seperti ini bukan jenis rumah untuk semua orang tapi menurutnya bentuk rumah seperti ini sangat ideal untuk beberapa orang di daerah, terutama di mana kebakaran semak-semak biasa terjadi.

"Jika Anda berada di daerah yang sangat panas dan kering, ketika  Anda terlindungi di bawah tanah Anda tidak memiliki masalah kelembaban atau masalah seismik," katanya.

Griff Morris  menyakini gaya rumah seperti ini cenderung akan menjadi lebih populer saat orang mulai memahami teknologi di baliknya.

Nigel Kirkwood membuka rumahnya untuk publik pada Hari Rumah Berkelanjutan pada bulan September dan berharap dapat mengilhami orang lain untuk berpikir secara berbeda mengenai bentuk bangunan.

Diterjemahkan 16 Juli 2017 oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.