ABC

Berkas Pembunuhan Polisi Bali Diserahkan ke Kejaksaan

Polisi di Bali sudah menyerahkan kasus pembunuhan polisi Wayan Sudarsa dengan tersangka Sara Connor asal Australia dan David Taylor sudah diserahkan kepada pihak kejaksaan.

Setelah tertunda minggu lalu, penyidik polisi menyerahkan berkas kasus tersebut kepada kejaksaan di Denpasar hari Jumat (9/9/2016) pagi, dan memberikan waktu kepada kejaksaan untuk mempelajari apakah diperlukan penyidikan lebih lanjut ataukah kasus ini bisa dibawa ke pengadilan.

Kepala Kejaksaaan Denpasar Erna Normawanto sebelumnya mengatakan kepada ABC bahwa dia memperkirakan akan dibutuhkan waktu dua bulan guna mempertimbangkan kasus ini, dan karenanya diperkirakan sidang baru akan dilangsungkan bulan November.

"Kami berusaha memproses ini dengan cepat sesuai dengan prosedur peradilan cepat, murah dan biaya rendah." katanya.

Empat jaksa sudah diangkat untuk menangani kasus ini, dan semuanya sudah berpengalaman menangani kasus pembunuhan.

Mereka adalah Agung Jalantara, Oka Ariyani, Belaputera dan Kadek Wahyudi.

David Taylor police file
Pengadilan diperkirakan baru akan dimulai bulan November.

ABC News: Samantha Hawley

Polisi melanjutkan kasus ini dengan menetapkan keduanya sebagai tersangka, dengan tuduhan pembunuhan, penganiayaan menyebabkan kematian, dan serangan berkelompok. Sekarang tergantung kepada kejaksaan tuduhan mana yang akan disampaikan di pengadilan.

"Kami memiliki waktu tujuh hari mulai hari ini untuk mempelajari, dan bila berkas ini tidak memenuhi persyaratan formal dan material, kami akan mengembaikan ke penyidik." kata kepada bagian tindak pidana umum kejaksaan negeri Denpasar Ketut Maha Agung.

"Pihak kejaksaan sedang mempelajari kasus ini."

Tubuh polisi Wayan Sudarsa ditemukan di Pantai Kuta dalam keadaan meninggal tanggal 17 Agustus lalu, dengan 42 luka di tubuh termasuk di leher dan kepala.

Polisi mengatakan Taylor sudah mengaku memukul kepala polisi tersebut berulang kali dengan botor bir setelah keduanya berkelahi mengenai tas Connor yang hilang.

Kapoltabes Denpasar mengatakan Connor terlibat dengan ikut memukul Wayan Sudarsa dan polisi akan meneruskan tuduhan bahwa keduanya melakukan pembunuhan.

Diterjemahkan pukul 15:30 AEST 9/9/2016 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini