ABC

Berenang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Tapi Ada Syaratnya

Berenang memiliki manfaat besar bagi kebugaran dan membentuk otot. Tetapi jika tujuan Anda untuk menurunkan berat badan, maka banyak yang perlu diperhatikan selain hanya sekedar berenang.

Banyak orang beranggapan jika berenang bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi hal ini belum tentu bisa tercapai.

"Jika Anda ingin turun berat badan, lebih baik berjalan keliling kolam, daripada berenang di dalamnya," ujar Andrew Cate, personal trainer asal kota Sydney.

"Jika dilihat dari sudut pandang turun berat badan, berenang lebih memiliki dampak negatif dibandingkan dengan olahraga lainnya," ujarnya.

Memang benar bahwa berenang membutuhkan tenanga untuk mengapung, dan ini dapat mengurangi beban yang Anda harus lakukan untuk menggerakkan tubuh, dibandingkan olahraga dengan kedua kaki di tanah.

Dalam berenang perlu diperhatikan juga tekniknya.
Dalam berenang perlu diperhatikan juga tekniknya.

Salah satu peneliti dan kebugaran tubuh dari University of Western Australia, Profesor Kay Cox, ada beberapa hal dari berenang yang bisa membantu mengurangi berat badan Anda.

Di tahun 2010, ia pernah menggelar pengamatan kepada perempuan yang berenang dan membandingkannya dengan perempuan yang senang berjalan.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism - Clinical and Experimental, menunjukkan setelah setahun diberikan program kepada kedua kelompok tersebut, perempuan yang berenang telah mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan mereka yang berjalan. Tak hanya itu lingkar pinggang para perenang juga lebih kecil.

Memang perbedaannya tidak besar, kelompok perenang rata-rata mengalami penurunan sebanayak 1,1 kilogram dan lingkar pinggang mereka 2 cm lebih kecil, jika dibandinglan kelompok yang berjalan  kaki..

Berenang membutuhkan teknik yang benar.
Berenang membutuhkan teknik yang benar.

Tapi untuk bisa berenang untuk menurunkan berat badan membutuhkan teknik yang baik.

"Teknik itu penting karena jika Anda tidak bisa berenang , maka tidak akan membakar kalori. Anda akan merasa lelah dan menyerah," kata Profesor Cox. "Seorang yang memiliki keterampilan berenang dasar, yang bisa berenang 10 sampai 12 meter tanpa henti, bisa terus mengasah kemampuannya."

Menurutnya yang bisa dilakukan oleh banyak orang adalah memperbaiki teknik berenangnya.

"Ada banyak manfaat dari berenang, terutama bagi mereka yang memiliki masalah berat badan," ujarnya.

Profesor Cox menambahkan, "berenang memang tidak untuk semua orang, tetapi jika Anda bertanya apakah berenang bisa menurunkan berat badan, maka jawabannya adalah ya, Anda bisa."