ABC

Berburu Kopi Dorong Pegawai Kantoran Australia Bergerak Lebih Banyak

Ketika mencari kopi di pagi hari, apakah Anda termasuk tipe yang langsung ke penjual kopi terdekat ataukah bersedia menempuh jarak agak jauh untuk mendapatkan pasokan kafein? Di Brisbane Australia, Yayasan Jantung setempat membuat program yang mendorong pegawai kantoran untuk berburu kopi demi memperbanyak langkah setiap harinya.

Program 10.000 langkah itu bertujuan agar para pegawai membuat jalur perburuan kopi mereka setidaknya dalam tempo 10 hingga 15 menit berjalan kaki dari sekitaran kantor mereka masing-masing.

Anna Campbell, koordinator Heart Foundation Walking, menjelaskan inisiatif ini sejalan dengan apa yang sudah dilakukan banyak pegawai kantoran selama ini, yaitu mencari kopi.

"Jalur perburuan kopi membuat pegawai berjalan dan cukup menyenangkan mengenalkan kegiatan ini di antara staf," katanya.

"Kantor yang berdekatan saling bergabung dan berjalan bersama, memungkinkan orang ketemu pegawai dari kantor lain," tambahnya.

Inisiatif ini merupakan bagian dari Walk at Work Week, yang bertujuan menyoroti manfaat kegiatan fisik di tempat kerja serta mendorong pegawai menambah jumlah langkah mereka setiap hari.

Kelompok ini berharap tempat kerja mereka bisa menciptakan pertemuan atau kelompok jalan makan siang bersama serta jalan lebih jauh untuk mencari kopi.

kopi dua.jpg
Yayasan Jantung setempat berharap semakin banyak kantor yang pegawainya aktif keluar mencari kopi. (Foto: ABC/Jessica Hinchliffe)

Beth Meertens dari Yayasan Jantung setempat mengatakan ketika inisiatif ini bermula di kantornya, godaan kopi membuat orang bergerak.

"Ini juga jadi cara mengecek tempat-tempat kopi baru yang bermunculan di Brisbane," ucapnya.

"Juga aspek sosialnya sebab kita bisa asyik ngobrol dan berintraksi yang tanpa hal ini tak akan terjadi," jelasnya.

"Hal ini bagus baik untuk kesehatan jantung mapun kesehatan pikiran," ujar Meertens.

kopi tiga.jpg
Pegawai dari sejumlah kantor bergabung dalam berburu kopi di kafe-kafe setempat. (Foto: ABC/Jessica Hinchliffe)

Meertens mengatakan para pegawai kantoran perlu memprioritaskan bergerak selama jam kantoran.

"Hal itu penting bagi jantung kita dan kita tahu bahwa semakin lama kita duduk, akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya," jelasnya.

"Hal ini jangan dipikirkan sebagai kerjaan namun lebih membuat apa yang anda ingin kerjakan jadi lebih menyenangkan," ucapnya.

Tips memulai jalur berburu kopi

  • Cari satu atau dua orang kantor yang tertarik
  • Cari kafe yang jaraknya sekitar 10 menit dari kantor
  • Pilih ketua yang memimpin perburun ke kafe itu
  • Hubungi kafenya lebih awal bahwa pemburu kopinya banyak yang mau datang (misalnya di atas 15 orang)
  • Buat daftar lima atu enam kafe di sekitar kantor dan biarkan rekan-rekan memilih yang mau didatangi
  • Pilih ketua rombongan secara bergantian

Diterbitkan Pukul 15:30 AEST 5 Oktober 2016 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris di sini.