ABC

Benarkah Kerja Tim Itu Penting Untuk Raih Kesuksesan?

Saat di perguruan tinggi, kebanyakan mata kuliah mensyaratkan adanya kerja tim. Di dunia kerja pun pelatihan teamwork seringkali menjadi bagian tak terpisahkan. Apakah Anda termasuk orang yang mengeluh jika harus kerja kelompok?

Professor Stephen Naylor, ketua dewan akademik pada James Cook University, Australia, menjelaskan teamwork merupakan keterampilan penting dan salah satu hal utama yang dicari kalangan perusahaan di saat meneirma pegawai baru.

"Jika seorang pengusaha harus mencantumkan tiga syarat teratas yang mereka cari, pemain tim adalah hal terpenting kedua setelah komunikasi," katanya.

"Terkadang kita kurang menyadari betapa pentingnya keterampilan tersebut. Kkebanyakan orang akan bekerja di kantor atau dalam kerangka dimana Anda harus berinteraksi dengan orang lain," jelasnya.

Antara cinta dan benci

Profesor Naylor mengatakan orang tidak boleh "mengeluh mengenai kerja kelompok".

"Orang harus mengikuti hal ini karena kerja kelompok merupakan masa depan," katanya kepada Kelly Higgins-Devine dari ABC.

"Anda perlu memahami bahwa kita bukan hanya individual di planet ini, sebagai manusia kita memiliki kemampuan untuk bekerja kelompok," jelasnya.

"Kami adalah makhluk sosial dan itulah kekuatan kita, bukan sesuatu yang seharusnya dibenci," tambahnya.

Australian Paper logo on a ream of recycled paper
Australian Paper di Gippsland, satu-satunya produsen kertas Australia, khawatir dengan membanjirnya produk kertas dari luar negeri.

ABC Gippsland: Robert French

Profesor Naylor mengatakan di universitas kerja kelompok sering digunakan untuk menunjukkan kepada mahasiswa bagaimana hal tersebut bisa menjadi katalisator perubahan.

"Kepada mahasiswa kami tunjukkan adanya komponen-komponen berbeda yang membentuk kerja tim, dan saat menemukan dimana kekuatan Anda berada, Anda bisa menjadi pemain penting dalam sebuah grup," jelasnya.

"Hal itu memungkinkan Anda memahami dimana Anda bisa memberikan berkontribusi terbesar," katanya.

Apa yang membuat grup sempurna?

Profesor Naylor mengatakan kunci untuk sebuah kelompok yang baik melibatkan pemimpin dan pencetus ide.

"Bagus jika ada yang mencetuskan ide baru dalam kelompok, tapi Anda memerlukan pemimpin untuk menghentikan elemen tertentu saat sudah terlalu gaduh atau mengganggu," jelasnya.

Anda perlu memberi cukup ruang untuk menjaganya tetap mengalir. Pemimpin tahu kapan harus merumuskannya, memberinya tambahan, dan hal itu pun jadi," katanya.

"Keterampilan-keterampilan tersebutlah yang diperlukan dalam suatu kelompok yang baik," tambahnya.

Dia mengatakan di saat dunia menjadi semakin kecil dan perjalanan menjadi lebih mudah, setiap orang perlu belajar bagaimana bekerja lebih baik dengan orang lain dari semua latar belakang.

"Saya bekerja di Singapura selama empat tahun dan ini contoh bagus dari perpaduan budaya berbeda yang berkumpul di sebuah pulau kecil tanpa sumber daya alam selain manusia," jelasnya.

"Apa yang mereka lakukan adalah belajar bekerja sama dan membangun kekuatan mereka dan memperluas potensi manusia mereka," jelasnya.

"Kita harus bekerja lebih baik dengan berbagai kelompok orang sehingga kita memahami kebutuhan dan cara mereka mencapai hal-hal yang dibutuhkan Australia untuk masa depan," kata Prof. Naylor.

Diterbitkan Kamis 20 April 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris.