ABC

Belum Musim Panas, Kebakaran Telah Melanda Queensland, Australia

Masyarakat di negara bagian Queensland, terutama di bagian tenggara, selatan, dan tengah sedang bersiap menghadapi kemungkinan kebarakan terburuk di bulan September dalam enam tahun terakhir.

Biro Meteorologi Australia (BOM) mengatakan beberapa daerah di bagian selatan akan mengalami kebakaran besar sepanjang hari.

Diperkirakan kebakaran ekstrem ini akan terjadi di Maranoa dan Warrego, serta distrik Darling Downs dan Granite Belt.

Sebelumnya, kebakaran parah juga diperkirakan di terjadi di Central Highlands dan Coalfields, Wide Bay, Burnett serta pantai tenggara.

Sarabah fire threat
Asap dari kebakaran yang melanda kawasan Sarabah.

ABC News

Saat ini ada lebih dari 30 kebakaran yang terjadi di seluruh negara bagian Queensland, tetapi Sarabah, di pedalaman Gold Coast, saat ini menjadi perhatian terbesar.

Warga setempat sudah diberitahu sejumlah rencana jika kebakaran hutan terjadi, apakah mereka tetap harus tinggal, mencoba memadamkan atau dievakuasi.

Sekitar 20 orang sudah secara sukarela meninggalkan rumah mereka untuk berkemah di sebuah lapangan.

"Saya punya ayam, kuda, dan petugas pemadam kebakaran, mereka semua ada di sini," kata Vicki Keating, penjaga perkemahan.

Kebakaran di Sarabah terjadi antara Lamington National Park Road dan Upper Coomera Road dan Beechmont Road.

Salah satu pejabat dari Layanan Kebakaran dan Darurat Queensland John Bolger mengatakan 50 petugas pemadam kebakaran dari New South Wales telah dibawa untuk membantu memerangi kebakaran yang telah menghanguskan ratusan hektar daerah pedalaman Gold Coast.

"Dengan keadaan cuaca diperkirakan api akan merambat dari keluar dari garisnya."

"Ini semua menambah kemungkinan akan menjadikan hari-hari yang sangat sibuk."

Bushfire smoke haze over the Gold Coast hinterland, looking toward a hazy city skyline
Asap dari kebakaran yang terjadi di kawasan Sarabah, Kamis pagi (5/09).

Foto: ABC News

Warga sudah waspada

Chris dan Ken Myers, keduanya warga lokal sudah mempersiapkan lahan mereka yang memiliki luas 13 hektar di kawasan Crows Nest, Toowoomba utara.

"Kami sudah membersihkan di sekitar rumah ... memotong tanaman habis agar tidak dilalui api, itu yang bisa kita lakukan," kata Ken.

"[Kemarau] adalah kekhawatiran besar dan bahaya besar, karena cuaca kering ... dan angin membuat tanaman kehilangan kelembabannya dan menjadikannya kering [mudah terbakar]."

Chris and Ken Myers stands in front of a water tank on their property.
Warga lokal Chris dan Ken Myers telah mempersiapkan diri dan properti mereka setelah ada peringatan kebakaran.

ABC News: Ellen Jolley

Pada tahun 2012 keduanya melihat kebakaran yang besar melewati properti mereka, yang berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Petugas pemadam kebakaran pedesaan Leisa Wagstaff, dari Brigade Pemadam Kebakaran Pedesaan Gowrie Little Plain, mengajak warga agar terbiasa dengan membuat rencana penyelematan diri dan memastikan properti mereka rapi.

"Orang-orang harus membersihkan di sekitar rumah mereka, menyingkirkan semua sampah, dan memotong jika mereka punya rumput tinggi," katanya.

"Membersihkan selokan dan menjaga kebersihan di sekitar tempat mereka ... juga memastikan mobil pemadam kebakaran dapat melewati gerbangnya jika mereka perlu."

Larangan menyalakan api telah diterapkan di kota Brisbane, kota Redland, Moreton Bay, Brisbane, Redland, Gold Coast, Ipswich, Lockyer Valley, Logan, Scenic Rim, Somerset, Toowoomba, Southern Downs, Western Downs, Goondiwindi, Maranoa, Balonne, North Burnett, South Burnett, Cherbourg, Gympie, Maryborough dan Bundaberg hingga tengah malam.

Jangan berharap bantuan datang langsung

The new Fire Danger Rating Scale
Peringkat kebakaran sebelumnya hanya dikeluarkan memasuki musim panas di bulan November.

ABC News

Peringatan bahaya kebakaran belum pernah terjadi sebelumnya di bulan September.

Pejabat dari Layanan Kebakaran dan Darurat Queensland (QFES) Mike Wassing mengatakan para petugas telah bersiap dengan kondisi yang sangat mirip terjadi Queensland Tengah di bulan November.

"Kondisi ini akan menantang bagi petugas pemadam kebakaran kami, dan kebakaran hutan akan bergerak cepat dan sulit dikendalikan," katanya.

"Karenanya Anda tidak dapat mengharapkan truk pemadam langsung di pintu Anda."

Menurutnya jika warga belum melakukan persiapan sekarang, maka sudah terlalu terlambat dan warga harus sudah siap untuk meninggalkan properti mereka lebih awal.

Pilot helikopter Nathan Payne mengatakan kondisi kekeringan di sekitar wilayah Darling Downs akan membuat upaya pemadaman dengan waterbombing lebih sulit.

"Banyak bendungan kecil, bendungan petani digunakan sangat kering, sehingga akan sulit untuk menemukan air," kata Nathan.

Dirangkum dari laporan dalam Bahasa Inggris yang bisa baca selengkapnya disini.