ABC

Bekas Lokasi Syuting Film Hollywood di Tasmania Akan Jadi Daya Tarik Baru

Warga kota kecil Stanley di Tasmania melihat potensi yang bisa dikembangkan dari sebuah lokasi syuting film drama Hollywood. Banyak pemilik bangunan di lokasi syuting tersebut yang ingin menjaga tempat-tempat yang sudah diubah menjadi bangunan bergaya tahun 20-an.

Film produksi Dreamworks, The Light Between Ocean telah menyelesaikan proses produksi dan syuting di Stanley, kota kecil di Tasmania, Australia.

Film ini dibintangi oleh Michael Fassbender, yang ikut berperan dalam film X-Men dan Rachel Weisz yang pernah memenangkan piala Oscar.

Rencananya film ini akan mulai diputar pada tahun 2015 mendatang, tetapi sejumlah warga lokal meminta agar tempat lokasi syuting yang sudah dipercantik agar dipertahankan.

Sejumlah turis pun sudah mulai berdatangan ke lokasi bekas syuting.

Warga yang ikut menjadi figuran dalam film The Light Between Ocean. Foto: Lynda Stoner.

Beberapa tempat telah diubah menjadi bangunan-bangunan antik, seperti suasana di tahun 1920-an. Salah satunya adalah sebuah apotek milik Bernard Atkin.

Atkin mengatakan ia ingin mempertahankan dekorasi agar menarik para turis.

"Jadi nantinya orang-orang akan kesini dan mengatakan 'itu Jalan Church yang pernah jadi lokasi syuting dan kita juga akan memasang semacam plakat yang menyebutkan apa yang pernah dibuat disini," ujar Atkin.

Manajer lokasi, Phillip Roope mengaku kalau sejumlah kru film memuji lokasi ini karena dianggap sebagai sempurna.

"Mereka terkesima dengan keindahan dan [gunung vulkanik tua] Nut...," tambah Atkin.

Sejumlah properti film yang ingin dipertahankan. Foto: Lynda Stoner.

Mereka juga sangat terkesan dengan pemandangan dan sambutan warga yang ramah. Banyak adegan dalam film tersebut yang diambil di jalanan utama kota kecil Stanley dan di sekitar dermaga.

Warga lokal pun kebagian untuk tampil sebagai figuran, ada sekitar 200 orang yang ikut kebagian untuk meramaikan suasana kota.

"Hampir 12 jam kita berada di satu lokasi, sambil pura-pura minum bir di beranda pub," ujar Graeme Wells, salah satu warga.

Suasana jalan utama di kota Stanley. Foto: Lynda Stoner.

Setelah melakukan syuting hampir lebih dari 20 jam sehari, para pemain dan kru beristirahan di lokal pub.

Jack Thompson, aktor Australia pun dilaporkan tampil bersama band lokal selama beberapa jam.

Film The Light Between Ocean rencananya akan dirilis pada September 2015.