ABC

Baterai Tenaga Surya, Masa Depan Baru Industri Listrik Australia

Industri listrik Australia akan menjalani transformasi besar-besaran, dengan munculnya baterai penyimpanan murah bagi tenaga surya.

Bulan ini, miliarder asal AS, Elon Musk, salah satu pendiri perusahaan ‘PayPal’, meluncurkan baterai ion-lithium bernama ‘Powerwall’ yang diperkirakan masuk ke pasar Australia tahun depan, dengan bandrol 5.500 dolar (atau sekitar Rp 55 juta).

Baterai ini dikembangkan bersamaan dengan mobil listrik Tesla yang revolusioner, yang diluncurkan akhir tahun lalu.

"Anda benar-benar bisa mengemudi tanpa listrik. Anda bisa menggunakan panel surya Anda, isi kemasan baterai dan itulah yang Anda gunakan," jelas Elon.

Elon Musk menerangkan soal ‘Powerwall’ di Studio Deasin Tesal di Hawthorne, California. (Foto: YouTube/Tesla Motors)
Elon Musk menerangkan soal ‘Powerwall’ di Studio Deasin Tesal di Hawthorne, California. (Foto: YouTube/Tesla Motors)

Analis keuangan bidang energi baru dari Bloomberg, Kobad Bhavnagri, mengatakan, baterai itu akan menimbulkan transformasi besar-besaran.

"Mereka dilengkapi dengan PV (panel foto-volta) surya yang benar-benar memungkinkan konsumen untuk memiliki pembangkit listrik mereka sendiri," kemukanya.

Australia diharapkan menjadi salah satu pasar terbesar ‘Powerwall’ karena tingginya jumlah panel atap PV solar yang digunakan kompleks perumahan di sana.

Editor media ‘Renew Economy’, Giles Parkinson, mengatakan, ia memperkirakan adanya respon besar.

"Ini akan terjadi lebih cepat di Australia ketimbang tempat lain di dunia karena harga ecerannya tinggi. Kami membayar begitu banyak hanya untuk merebus air di kota, dan sekarang kami memiliki cara yang lebih murah untuk melakukannya,” ungkap Giles.

Perusahaan listrik Australia mulai beralih ke baterai

Beberapa perusahaan listrik terbesar Australia sudah berebut untuk mengejar ketinggalan.

AGL, pemilik pembangkit tenaga listrik batubara di negara bagian Victoria – transistor gas rumah kaca terbesar di Australia- baru saja mengumumkan pihaknya akan mulai memasarkan paket baterai sendiri dalam beberapa minggu ke depan.

Menurut general manajer bidang energi baru di AGL, Marc England, perusahaannya akan terlibat dengan para konsumen dalam banyak cara "dengan atau tanpa listrik, di rumah dan kantor."

Giles mengatakan, perusahaan ini mengakui bahwa teknologi baru akan menjadi "perubahan terbesar dalam industri mereka di lebih dari satu abad terakhir".

"Jadi mereka mencoba untuk terlibat dengan konsumen dan melindungi bisnis mereka," sebutnya.

Di Townsville, perusahaan Ergon Energy sudah mulai uji coba kombinasi baterai surya dengan 10 pelanggan, dan telah mulai meluncurkan program listrik lokal yang didukung dengan unit baterai utama di 12 komunitas terpencil di seluruh Queensland Utara.

Rumah Barry dan Glenys Lowe adalah bagian dari percobaan di Townsville.

"Karena kami menempatkan sistem 5 kiloWatt, kami belum membayar tagihan listrik. Dan sudah ada kelebihan uang," utara Barry.

Salah satu manajer di Ergon Energy, Glenn Waldon, menggambarkan harga ‘Powerwall’ yang rendah sebagai "langkah perubahan" bagi industri.

Ia memprediksi, perusahaan energi Australia akan segera menawarkan paket pelanggan yang mirip dengan bundel paket yang ditawarkan oleh perusahaan telepon seluler.

"Alih-alih hanya membeli kilowatt, Anda akan mendapatkan produk beragam dan campuran - pilihan harga sangat tertutup, agak seperti telco atau penawaran paket ponsel," sebut Glenn.