ABC

Bantuan Resusitasi Hidupkan Kembali Bayi Gajah yang Tertabrak di Thailand

Seorang petugas penyelamat Thailand, bernama Mana Srivate, telah melakukan puluhan upaya resusitasi atau CPR selama 26 tahun karirnya, tetapi ia tidak pernah melakukannya pada seekor gajah.

KP Bayi Gajah

  • Bayi gajah bernafas kembali dan meninggalkan tempat kejadian bersama seekor gajah dewasa yang diduga adalah induknya
  • Pengendara motor hanya mengalami luka ringan pada tabrakan tersebut
  • Penyelamat Mana Srivate mengatakan sebuah video online membantunya menemukan jantung gajah itu

Dia dipanggil untuk memberikan bantuan saat ia sedang tidak bertugas pada hari Minggu malam, saat ada seekor bayi gajah tertabrak sepeda motor di sebuah ruas jalan pedesaan.

Dalam video yang viral di media sosial, Srivate terlihat memberikan pijatan jantung kepada bayi gajah itu, sementara rekan kerjanya menangani pengendara sepeda motor yang terluka.

Setelah sekitar 10 menit ditangani, anak gajah itu akhirnya berdiri dengan perlahan-lahan dan dibawa ke lokasi lain untuk dirawat.

Setelah cukup pulih untuk berjalan tanpa bantuan, bayi gajah tersebut kemudian dikembalikan ke tempat kejadian.

Ia kemudian terlihat meninggalkan lokasi dengan seekor gajah dewasa yang diyakini adalah induknya.

Two elephants wander into the shadows
Bayi gajah yang diselamatkan dengan CPR terlihat meninggalkan lokasi kecelakaan dengan gajah dewasa yang diduga adalah induknya.

Reuters/ Kunchaylek

Pengendara motor hanya mengalami luka ringan pada peristiwa tabrakan tersebut.

"Naluri saya memang untuk menyelamatkan nyawa, tapi saya khawatir saat melakukannya, karena saya bisa mendengar suara ibu dan gajah lain yang memanggil-manggil bayi itu," kata Srivate.

"Saya menerka-nerka di mana letak jantung gajah berdasarkan teori [anatomi tubuh] manusia dan klip video yang pernah saya tonton online."

Meski telah menangani puluhan kecelakaan lalu lintas jalan yang melibatkan manusia, Mana mengatakan gajah adalah satu-satunya pasiennya yang berhasil ia hidupkan kembali saat ia melakukan CPR.

Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari artikel ABC News