ABC

Bantuan Program Deradikalisasi Kurang Dimanfaatkan

Program pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) Australia untuk membantu keluarga terkait deradikalisasi hanya menerima lima panggilan telepon selama dua bulan beroperasi.

Program bantuan bernama Step Together ini diluncurkan bulan Juni 2017 oleh Menteri urusan Pemberantasan Terorisme NSW David Elliot.

Menelan biaya sebesar $AUD 3.9 juta untuk tiga tahun, program ini merupakan bagian dari program lebih luas yang dimaksudkan memberantas radikalisasi menyusul pembunuhan anggota Kepolisian NSW Curtis Cheng. Keseluruhan program tersebut bernilai $AUD 47 juga.

Step Together menyebutkan diri sebagai layanan konseling dan ditangani kalangan konselir profesional setiap hari mulai dari Pukul 7 pagi hingga Pukul 9 malam.

Namun Menteri Elliot memastikan layanan ini hanya menerima "sekitar lima panggilan telepon" dalam dua bulan sejak diluncurkan.

Seorang sumber yang tak bersedia disebutkan namanya kepada ABC menjelaskan:

"Biayanya jutaan dollar namun hanya segelintir warga yang menelepon. Salah satunya malah salah sambung. Telepon lainnya dari orangtua yang khawatir karena anaknya kencan dengan seorang Muslim".

Para pemuka masyarakat Muslim setempat kepada ABC juga menyatakan telah memperingatkan Pemerintah NSW program bantuan ini tidak akan dipercayai jika terkait dengan pengumpulan informasi oleh intelijen atau pihak kepolisian.

Terlepas dari hari itu, Menteri Elliott mengatakan pemerintah berharap pemanfaatan program bantuan ini akan meningkat karena "upaya pengenalan program juga semakin meningkat".

Diterbitkan oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News di sini.