ABC

Bandingkan Royal Baby Dengan Simpanse di Medsos, Penyiar Ini Dipecat

Penyiar Danny Baker telah dipecat dari pekerjaannya di BBC karena postingan Twitter yang membandingkan bayi laki-laki Meghan Markle dan Pangeran Harry yang baru lahir dengan seekor simpanse. Postingan itu telah dihapus.

Poin Utama Danny Baker

Poin utama:

• Danny Baker dituduh mengejek garis darah Afrika-Amerika yang dimiliki Meghan Markle

• BBC Radio 5 Live mengatakan postingan Twitter itu adalah "kesalahan penilaian yang serius" dan Baker tidak akan lagi membawakan program mingguan mereka

• Baker meminta maaf atas "lelucon" itu, tetapi sejak itu ia menuduh BBC “membuangnya begitu saja”

Postingan yang beredar luas itu memperlihatkan gambar sepasang suami istri yang berpegangan tangan dengan seekor simpanse mengenakan topi dan mantel, di samping tulisan: "Royal Baby meninggalkan rumah sakit".

Penyiar BBC Radio 5 Live ini dituduh mengejek garis darah Afrika-Amerika Markle. Bayi Archie Harrison Mountbatten-Windsor, yang lahir pada hari Senin (6/5/2019) dan akan berada di urutan ketujuh pewaris takhta Inggris, menjadi anggota Kerajaan Inggris keturunan Amerika bi-rasial pertama.

Menyusul kritik yang meluas, Baker kembali mengunggah status di Twitter dengan upaya untuk memadamkan kontroversi, meminta maaf atas postingan "lelucon" itu.

"Sedalam-dalamnya minta maaf atas lelucon bodoh yang tak terpikirkan sebelumnya itu," tulisnya.

"Mengomentari keluarga Kerajaan bukan keahlian saya."

Beberapa jam kemudian, pria 61 tahun itu mengonfirmasi bahwa ia telah dipecat dari BBC Radio 5 Live, dalam sebuah panggilan telepon yang ia sebut sebagai "pemberitahuan yang arogan".

"[Panggilan] itu masuk yang mengatakan bahwa saya sebenarnya bermaksud mengunggah tweet konyol itu dan BBC harus menegakkan bla bla bla," tulisnya di Twitter.

"Benar-benar membuang saya. Nadanya terdengar demikian."

Dalam sebuah pernyataan di BBC News, seorang juru bicara untuk media itu mengatakan bahwa tweet Baker adalah "kesalahan penilaian yang serius" yang bertentangan dengan "nilai-nilai yang ingin kami wujudkan sebagai media".

"Danny adalah penyiar yang brilian tetapi tak akan lagi menampilkan pertunjukan mingguan bersama kami," ujar mereka.

Sejak menikah dengan keluarga kerajaan, Meghan Markle -yang memiliki ibu keturunan Afrika-Amerika, Doria Ragland -telah menjadi target ejekan daring yang kejam, dengan tingkat pelecehan rasis yang sangat parah sehingga membuat Istana Kensington terpaksa membuat pedoman baru untuk saluran media sosialnya.

Ikuti berita-berita lain di situs ABC Indonesia.