ABC

Balita Menjelajah Pedalaman Australia Sejauh 1.800km

Membesarkan seorang balita dalam kondisi biasa saja tidak mudah, bagaimana lagi membawa serta anak berusia satu tahun dalam perjalanan lintas alam sejauh 1.800km melintasi pedalaman Australia?

Keluarga Jones mengatakan pengalaman ini menghadirkan tantangan dalam mengasuh anak secara keseluruhan.

Lauren dan Justin Jones baru saja kembali ke rumah mereka di Sydney, New South Wales setelah menghabiskan 102 hari dengan berjalan kaki bersama putri mereka yang sekarang berusia 18 bulan, Morgan.

Pasangan ini berangkat dari Dockers River di Kawasan Teritori Utara (NT) pada bulan Juli lalu dan mengakhiri perjalanan mereka di Port Augusta di Australia Selatan.

Lauren dan Justin Jones menjelajah pedalaman bersama anak mereka yang masih balita, Morgan
Keluarga Jones memiliki enam lokasi pengambilan makanan dalam perjalanan mereka untuk menjaga kebutuhan mereka terpenuhi dalam perjalanan ini.

Supplied: Lauren and Justin Jones

"Kami melakukan ini karena dua alasan," kata Lauren Jones.

"Kami ingin membesarkan anak yang kuat dan mandiri yang mencintai alam, dan untuk menunjukkan bahwa kehidupan tidak harus breakhir begitu Anda menjadi orang tua.

Keluarga Jones berhasil bertahan menghadapi suhu antara nol sampai 42 derajat, dan melawan badai petir parah serta banjir bandang.

Lauren dan Justin Jones menjelajah pedalaman Australia bersama balita mereka, Morgan
Matahari menciptakan pemandangan luar biasa dilatar belakang jalur penjelajahan yang dilakukan keluarga Jones.

Supplied: Lauren and Justin Jones

Mereka menerima enam kali pengiriman pake makanan sepanjang perjalanan maraton mereka, dan bertahan dengan diet utama berupa sayuran kering beku yang sehat.

Morgan ditarik berbarengan dengan sebuah gerbong yang dirakit sendiri, sementara orang tuanya berjalan kaki dengan lama waktu berjalan rata-rata tujuh jam sehari.

Lauren dan Justin Jones menjelajah pedalaman Australia dengan balita mereka Morgan
Kereta roda ini menjadi rumah bagi Morgan selama berbulan-bulan mereka menyusuri jalan tak beraspal.

Supplied: Lauren and Justin Jones

"Memang butuh banyak penyesuaian tapi Morgan terbiasa hidup seadanya lebih cepat dari yang kita lakukan," kata Justin Jones.

"Dia mengetahui bahwa membuat roti bakar kita perlu mengumpulkan tongkat dan menyalakan api lebih dahulu.

"Salah satu yang menarik adalah Morgan benar-benar melakukan beberapa langkah pertamanya saat kami sedang melakukan perjalanan melaintasi kawasan Australia yang terpencil, jadi itu menjadi sangat istimewa."

Lauren dan Justin Jones menjelajah pedalaman Australia bersama balita mereka, Morgan
Gerobak beroda utama tempat menyimpan bekal makanan dan air beratnya mencapai 270kg.

Supplied: Lauren and Justin Jones

Lauren dan Justin mendokumentasikan pengalaman unik mereka di pedalaman melalui media sosial Instagram, dengan banyak foto yang mengabadikan pedalaman Australia yang tandus.

Tapi menaklukan alam bukanlah hal yang baru bagi Justin, yang sudah pernah berkayak dari Australia ke Selandia Baru, dan melintasi pantai hingga ke Antartika (Kutub Selatan).

Lauren dan Justin Jones dan balita mereka Morgan
Lauren dan Morgan menikmati makanan.

Supplied: Lauren and Justin Jones

"Hal-hal ini selalu menantang, tapi kali ini sedikit berbeda karena saya bersama keluarga saya sepanjang waktu dan itu luar biasa," kata Jones.

"Tapi keluarga datang dengan banyak barang - gerobak yang kami tarik beratnya 270 kg pada satu tahap dan saya benar-benar kehilangan berat badan sebanyak 19kg dalam empat bulan berjalan."

Lauren Justin Jones menjelajah pedalaman dengan balita mereka Morgan
Justin terbiasa menjelajah di wilayah terpencil.

Supplied: Lauren and Justin Jones

Keluarga Jones ini baru saja kembali ke rumah mereka di utara Bondi beberapa minggu yang lalu dan mereka masih menyesuaikan diri dengan realita.

"Tantangan mengasuh anak benar-benar berbeda - di pedalaman, kami harus mengawasi ular, di kota kami harus mewaspadai mobil dan ombak yang berbahaya," kata Lauren Jones.

"Jadi sekarang saat dia jatuh, dia langsung saja bangun dan membersihkan dirinya sendiri - senang melihat betapa dia berubah dan tumbuh seiring berjalannya waktu."

Lauren dan Justin Jones menjelajah pedalaman Australia bersama balita mereka Morgan
Kembali menjalani kehidupan di Sydney akan membutuhkan waktu bagi keluarga Jones.

Supplied: Lauren and Justin Jones

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.