ABC

Balet China akan Tampil di Melbourne

Berdasarkan kisah nyata dari pengalaman revolusi masa lalu di China, balet opera terkenal The Red Detachment of Women akan dipentaskan oleh Balet Nasional China untuk pertama kalinya di Arts Centre Melbourne bulan Februari 2017.

CEO Arts Centre Melbourne Claire Spencer mengatakan "Arts Centre Melbourne dengan bangga akan menjadi tuan rumah ekslusif pertunjukkan Nasional Balet China, berjudul The Red Detachment of Women”.

Di Beijing, Menteri Utama Victoria Daniel Andrews mengumumkan mengenai kunjungan Balet Nasional itu yang akan menjadi bagian dari Asia-Pacific Triennial of Performing Arts (Asia TOPA) sebuah festival yang berlangsung tiga tahun sekali yang menampilkan para seniman dari Asia Pasifik selama tahun 2017 di Melbourne.

Salah satu kelompok balet terkenal di dunia, Balet Nasional China akan memberikan empat kali pertunjukkan, dalam kerjasama dengan Orchestra Victoria dan The Australian Ballet.

Sudah berusia lebih dari 50 tahun, lakon The Red Detachment of Women pertama kali dipertunjukkan di tahun 1964 dan terkenal ketika dipertunjukkan saat Presiden Amerika Serikat Richard Nixon berkunjung ke CHIna di tahun 1972.

Lakon ini juga muncul dalam film layar lebar Mao's Last Dancer, sebuah film mengenai kehidupan penari balet asal China yang sekarang tinggal di Australia, Li Cunxin.

Festival TOPA Asia adalah festival baru yang akan merayakan kehidupan seni Asia dan Pasifik dalam berbagai pertunjukkan di Melbourne dari bulan Januari sampai April 2017.

Para seniman China yang akan tampil antara lain karya seni instalasi Hi An di Australian Centre for Contemporary Art, penampilan Chong Wang mengenai kebijakan satu anak China, dan dan karya koreografer kontemporer kenamaan China saat ini, Tao Ye.

Artikel ini dibuat oleh pemerintah negara bagian Victoria.