ABC

Balap Sepeda Tour Down Under Dimulai di Adelaide

Lomba balap sepeda Tour Down Under dimulai hari Minggu (19/1/2014) di Adelaide, Australia, dan merupakan lomba balap sepeda terbesar di dunia yang diselenggarakan di luar Eropa.

Musim panas di Australia antara bulan Desember sampai Maret setiap tahunnya merupakan masa dimana berbagai kegiatan olahraga besar berlangsung.

Tiap negara bagian berusaha menyelenggarakan kegiatan yang bisa menarik para pencinta olahraga maupun wisatawan untuk menyaksikan berbagai peristiwa tersebut.

Negara bagian Victoria yang dengan ibukota Melbourne sudah terkenal dengan turnamen tenis Australia Terbuka yang selalu diselenggarakan di minggu ketiga bulan Januari.

Dan selama beberapa tahun terakhir, negara bagian Australia Selatan, dengan ibukota Adelaide menjadi pusat perhatian para pencinta balap sepeda, karena dilangsungkan Tour Down Under, selama seminggu, diselenggarakan di minggu keempat bulan Januari.

Tour Down Under diselenggarakan pertama kali di tahun 1999, dan dari tahun ke tahun terus berkembang dan mendapatkan dukungan.

Sejak tahun 2005, Tour Down Under masuk dalam kategori balapan sepeda dunia terbesar di luar Eropa. Dalam balapan sepeda setiap tahunnya, lomba balapan paling terkenal adalah Tour de France yang diselenggarakan di Prancis di bulan Juli.

Lomba yang juga terkenal lainnya adalah Giro d'Italia yang diselenggarakan di Italia.

Sebagai kawasan di bumi bagian selatan, dimana musimnya terbalik dengan Eropa, Australia memang menjadi tempat ideal bagi lomba ataupun pertandingan di luar ruangan selama musim panas (Desember-Maret) di saat di Eropa sedang berlangsung musim dingin.

Oleh karenanya Tour Down Under ini mampu menarik nama-nama besar di dunia balap sepeda profesional. Para pemenang lomba Tour de France Oscar Pereiro (Spanyol 2006), Alberto Contador ( Spanyol, 2007), Carlos Sastre (Spanyol. 2008).

Para pembalap terkenal dari Australia sendiri juga ikut ambil bagian seperti Stuart O'Grady, Robbie McEwen, Allan Davis dan Cadel Evans yang menjadi juara Tour de France di tahun 2011.

Profil Tour Down Under melonjak tajam di tahun 2009 ketika juara Tour de France tujuh kali Lance Amstrong dari Amerika Serikat kembali ikut bertanding setelah sebelumnya mundur dari dunia balap sepeda profesional.

down under, cycling

Lance Amstrong ikut mempopulerkan lomba Tour Down Under

Kehadiran Amstrong - berkat undangan Menteri Utama Negara Bagian Australia Selatan ketika itu Mike Rann yang merupakan teman dekat Amstrong - membuat jumlah penonton melonjak tajam.

Amstrong secara keseluruhan ikut ambil bagian selama tiga kali dan terakhir di tahun 2011 dan di tahun tersebut  penonton yang memadati jalan-jalan di negara bagian South Australia ini diperkirakan lebih dari 782 ribu orang, 100 ribu lebih banyak dibandingkan mereka yang menyaksikan pertandingan tenis Australia Terbuka di Melbourne.

Selama seminggu "pesta" balap sepeda ini diperkirakan 40 ribu orang turis internasional dan antar negara bagian mengunjungi Adelaide dan daerah-daerah sekitarnya.

Tour Down Under sekarang sudah berhasil menjadi pusat perhatian ketika di tempat lain di Australia diselenggarakan turnamen tenis, sepakbola, kriket dan balap mobil.

Tour Down Under dalam lebih dari 10 tahun terakhir sudah menempatkan kota Adelaide - yang berpenduduk sekitar 1,5 juta orang - di peta dunia.