ABC

Bahasa Inggris Pekan Ini: Meminta Bantuan

Semua orang pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Mungkin untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR), ketika Anda tersesat atau mungkin komputer Anda bermasalah. Berikut tips untuk meminta bantuan dengan sopan dalam Bahasa Inggris, yang bisa digunakan dalam semua situasi.

Saya tersesat!

Flickr CC: Joe Hunt

Mungkin Anda sedang dalam perjalanan untuk melakukan wawancara, atau mungkin Anda tidak bisa menemukan ruang kelas. Atau mungkin Anda di perpustakaan dan tidak bisa menemukan bagian yang Anda perlukan... Anda tersesat!

Dalam situasi seperti ini Anda perlu bantuan orang lain.

Mulailah dengan mengatakan ‘excuse me’. Ini akan menarik perhatian orang terhadap Anda.

Anda bisa menggunakan frase seperti ‘do you know’ (Apakah Anda tahu) atau ‘could you help me find,’ (Bisakah Anda membantu saya menemukan), atau could you show me’ (Bisakah Anda tunjukan pada saya).

'Do you know where room 348 is?' (Apakah Anda tahu dimana ruangan 348?)

'Could you help me find the Napier Building?' ('Bisakah Anda membantu saya menemukan Gedung Napier)

Terkadang perlu menjelaskan apa masalah Anda secara rinci:

'I’m having trouble finding this address. Could you show me the way?' (Saya kesulitan menemukan alamat ini. Bisakah Anda menunjukkan jalan menuju ke sana?)

Frasa yang sangat bermanfaat untuk meminta bantuan adalah  ‘I would really appreciate it if… (’Saya sangat berterima kasih sekali jika..

'Excuse me, I would really appreciate it if you could show me where the photocopiers are.' (Maaf, saya akan berterima kasih sekali jika Anda bisa menunjukan dimana mesin fotokopi..)

Saya tidak tahu bagaimana melakukannya!

Flickr CC: ubclibrary

Kadang Anda ingin meminta bantuan di dalam kelas atau di kantor. Mungkin karena tidak mengerti tugas yang diberikan atau Anda perlu bantuan mengenai soal dalam PR Anda.

Dalam kasus ini, Anda bisa meminta bantuan pada sesama teman, staf di kantor atau bahkan guru Anda.

Jika Anda berbicara dengan teman, maka tidak masalah jika bertanya langsung kepadanya.

'Can you help me with today’s assignment? I don’t understand what it means.' (Bisakah Anda membantu terkait tugas hari ini? Saya tidak mengerti apa maksudnya?)

'Have you got the minutes from the last meeting? I can’t find them.' (Apakah Anda punya catatan dari pertemuan tadi? Saya tidak bisa menemukan catatan saya)

 Tapi jika ingin bertanya dengan lebih sopan maka Anda bisa mengatakan could you do me a favour’ atau  ‘would you mind.’

'Could you do me a favour? I need some help understanding the assignment.' (Apakah Anda bersedia membantu saya? Saya perlu bantuan untuk memahami tugas ini).

'Would you mind helping me with my English grammar before tomorrow’s test?'  (Apakah Anda tidak keberatan membantu belajar tata bahasa Inggris sebelum ujian besok?)

Ingatlah selalu untuk menunjukan kalau Anda menghargai waktu yang diluangkan orang lain.

I'f you’re not too busy, would you be able to help me?' (Jika tidak terlalu sibuk, apakah Anda bisa membantu saya?)

'Do you have a few minutes to show me how to download the software?' (Apakah Anda punya waktu sebentar untuk menunjukkan bagaimana cara mengunduh peranti lunak ini?)

'Can you spare a minute to show me how to log on to the network?' (Bisakah Anda meluangkan waktu sebentar untuk menunjukkan bagaimana caranya masuk ke dalam jaringan).

Saya tidak bisa melakukan ini sendiri!

Flickr CC: ryudiculous

Misalkan Anda perlu bantuan untuk melakukan tugas yang bersifat fisik - seperti mengangkat, membawa atau memindahkan barang sendirian.

Lagi-lagi, Anda mungkin perlu memulai dengan mengatakan ‘excuse me.’

Kemudian Anda bisa mengunakan frasa seperti  could you spare’, ‘could you possibly’ atau ‘would you mind’

'Excuse me, could you spare a moment? I need someone to hold the door while I carry this package in.' (Maaf, bisakah Anda meluangkan waktu sebentar? Saya perlu seseorang untuk memegang pintu selagi saya membawa paket ini)

'Excuse me, would you possibly be able to help me to lift my bag into the overhead locker?' (Permisi, apakah mungkin Anda membantu saya mengangkat tas ini ke loker di atas?)

'Could you possibly spare a minute to help me shift this off the road?' (Bisakah Anda meluangkan waktu sebentar untuk membantu saya menyingkirkan ini dari jalanan?)

Dengan teman-teman atau dalam situasi lingkungan yang santai:

'Could you give me a hand?' (Bisakah Anda membantu saya?)

'I need to carry this up the stairs, and I would really appreciate a hand.' (Saya perlu membawa ini ke lantai atas dan sangat membantu sekali jika Anda bisa membantu membawakannya).

Menawarkan bantuan

Flickr CC: Leo Hidalgo

Terkadang Anda ingin membantu orang lain. Sangat mudah untuk menawarkan bantuan:

'Do you need some help with that?' (Apakah Anda perlu bantuan?)

'Excuse me, are you lost?' (Maaf, Apakah Anda tersesat?)

'Do you want some help with the assignment, I’ve already done mine.' (Apakah Anda butuh bantuan dengan tugas tersebut, saya sudah menyelesaikan tugas saya)

'Can I give you a hand?' (Bisakah saya menolong Anda?)

Mengucapkan terima kasih

Flick CC: Rachel Patterson

Jika seseorang membantu Anda, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih, dan tunjukkan apresiasi karena Anda sudah mengambil waktunya.

'Thanks, I really appreciate your help.' (Terima kasih, saya sangat mengapresiasi bantuan Anda.)

'Thanks for taking the time to help me.'(Terima kasih sudah meluangkan waktu membantu saya)

Ini merupakan beberapa cara kasual untuk mengucapkan terima kasih:

'Thanks a million.' (Terima kasih banyak)

'I can’t thank you enough.' (Saya sangat berterima kasih)

'It’s so nice of you to help. Thank you.' (Anda baik sekali mau membantu saya).