ABC

Badan indpenden awasi penelitian ilmiah di Australia

Badan independen diminta untuk mengawasi penelitian ilmiah di Australia menyusul  penghentian uji coba klinis obat kanker kulit.

ABC mengungkapkan uji coba dihentikan sementara  setelah kekhawatiran serius diajukan atas sejumlah penelitian dan data yang mengarahkan ke uji coba itu.

Amerika Serikat memiliki Kantor Integritas Riset yang menangani lebih dari 200 kasus dugaan kesalahan dan penyelewengan kajian ilmiah pertahun.

Tetapi tidak ada sistem independen serupa di Australia.

Sebuah tinjauan baru-baru ini menemukan bahwa persentase karya ilmiah yang telah ditarik kembali atau ditarik oleh penulis karena kesalahan telah meningkat sepuluh kali lipat dalam 30 tahun terakhir.

Dr Arturo Casadevall dari Albert Einstein College of Medicine di New York menerbitkan sebuah kajian detil dari penarikan kembali karya ilmiah dalam pertemuan Proceedings of National Academy of Science pada tahun 2012.

Analisis Casadevall lebih dari 2.000 karya ilmiah ditarik telah ditemukan 20 persen kesalahan adalah kesalahan asli.

Tapi hampir 70 persen dari kesalahan merupakan penyelewengan dan dugaan penipuan.

Di Australia, Pemerintah Federal membentuk sebuah komite yang dikenal sebagai Komite Integritas Riset Australia dua tahun lalu.

Tapi itu hanya mempertimbangkan masalah prosedural dan sejak terbentuk komite itu hanya menyelidiki satu kasus.

Menteri Kesehatan, Tanya Plibersek meyakini sistem tinjauan tegas yang menyokong penelitian medis di Australia bisa mengurangi kemungkinan penipuan saintifik.

"Ini adalah kejadian yang sangat langka. Saya pikir kita perlu memiliki tingkat tinggi kepercayaan dalam integritas proses penelitian di sini," katanya.

Namun dia menyampaikan akan melihat pengawasan penelitian lebih luas, termasuk menyiapkan sebuah otoritas independen untuk meninjau tuduhan yang merupakan bagian dari tinjauan terbaru  McKeon dalam kesehatan.

"Saya sangat senang melihat sesuatu lebih kuat ... seperti yang mereka punya di Amerika Serikat," katanya.

Konsumen memiliki hak rincian uji klinis

Carole Bennett dari Forum Kesehatan Konsumen mengatakan pasien harus memiliki kepercayaan diri saat akan menjalani uji klinis.

"Konsumen memiliki hak untuk diberi informasi yang lengkap tentang semua fakta seputar uji klinis," jelas Bennett.

Dia berpendapat uji klinis sangat penting terutama bagi pasien dengan penyakit serius seperti kanker.

"Orang ingin tahu bahwa mereka bisa berpartisipasi dalam uji klinis, sehingga mereka bisa mengakses banyak kasus obat-obatan yang sebetulnya mereka tidak memiliki akses," katanya.

Jurubicara National Health dan Medical Research Council (NHMRC) mengatakan peneliti harus mematuhi kode etik dan pertanggung jawaban penelitian Australian Code for the Responsible Conduct of Research 2007.

Hal itu memungkinan semua peneliti dan melakukan penelitian yang didanai publik diharapkan untuk mematuhi kode etik..

Semua universitas dan lembaga penelitian medis yang didanai oleh NHMRC menandatangani perjanjian pendanaan (atau akta perjanjian) yang mengharuskan mereka mematuhi kode etik dan bahwa mereka menyelidiki setiap dugaan penyimpangan penelitian.

Lembaga juga harus melaporkan kepada NHMRC setiap dugaan penyimpangan penelitian dalam jika didanai NHMRC.