ABC

Australian Open: Petenis Bernard Tomic kalah, Nadal dan Berdych Melaju ke Perempat Final

Petenis Ceko, Tomas Berdych  menghentikan langkah petenis putra Australia, Bernard Tomic di Turnamen Australia Terbuka.  Berdych mengalahkan petenis muda Australia dengan dua set langsung pada pertandingan Minggu siang. 

 

Bernard Tomic melangkah lunglai sambil melihat raketnya setelah kalah dua set langsung dari petenis ceko, Tomas Berdych.

 

Berdych menang mudah dua set langsung atas Bernard Tomic dengan skor 6-2, 7-6 (7-3), 6-2 di Lapangan Tenis Margaret Court. 

Kemenangan Berdych sudah tidak terbendung sejak awal pertandinga, set pertama mampu diselesaikannya hanya dalam waktu 27 menit.
 
Di set kedua, selain tampil baik, Berdych juga berhasil memanfaatkan sejumlah kesalahan yang dilakukan oleh Tomic sehingga petenis Australia itu segera ketinggalan poin sebelum akhirnya Berdych memantapkan posisi sebagai pemenang dengan menutup pertandingan di set kedua dengan skor 7-3.
 
Bernard Tomic dan Nick Kyrgios merupakan dua petenis putera andalan Australia yang tersisa dalam Turnamen Australia Terbuka yang berlangsung di Melbourne Park, 19 Januari hingga 1 Februari 2015.
 

Harapan tuan rumah Australia kini tertumpu pada Kyrgios. Petenis 19 tahun tersebut yang terus melejit ke babak keempat setelah menundukkan petenis Tunisia, Malek Jazir  6-3, 7-6(6), 6-1.

Tomic berhasil melaju ke babak keempat atau perdelapan final Australia Terbuka setelah mengalahkan sesama petenis Australia Sam Groth, sementara Berdych merebut posisi ini setelah mengalahkan petenis Serbia Viktor Troicki.

 
Dengan kemenangan ini Berdych - yang hingga kini belum pernah dikalahkan selama pertandingan Australia Terbuka - akan berhadapan dengan musuh lamanya, petenis Spanyol Rafael Nadal di babak perempat final. Berdych telah 18 kali dikalahkan Nadal dalam setiap pertandingan yang mempertemukan keduanya.  
 
Nadal melaju ke perempat final setelah mematahkan langkah petenis  Afrika Selatan, Kevin Anderson deng skor 7-5, 6-1, 6-4.
 
"Setelah menghadapi waktu yang sulit waktu bagi saya itu ini merupakan kemenangan yang fantastis dan saya sangat senang dengan permainan saya hari ini," kata Nadal.
 
"Ini mungkin pertandingan terbaik saya di turnamen tahun ini sehingga sangat penting bagi saya dan sangat istimewa."
 
 
Eugenie Bouchard bekerja keras untuk mengamankan posisinya di babak perempat final.
 
Sementara itu dari tunggal puteri, petenis Kanada, Eugenie Bouchard  mencatatkan diri sebagai petenis pertama yang masuk ke babak perempat final di Kejuaraan Australia Terbuka setelah berhasil menekuk perlawanan dari petenis Romania, Irina-Camelia Begu dengan skor 6-1, 5-7, 6-2.
 
Bouchard, yang dibebankan prestasi besar pertamanya dengan berhasil melaju ke babak semifinal di Melbourne tahun lalu, berhasil melenggang ke babak perdelapan final dan akan menghadapi petenis nomor dua dunia asal Rusia, Maria Sharapova.
 
Meskipun menyelesaikan pertandingannya dengan kuat Bouchard mengaku permainannya di set kedua tidak terlalu baik.
 
"Jelas aku butuh lebih banyak latihan," kata Bouchard.
 
"Aku merasa seperti aku mulai benar-benar bermain baik dan saya ingin terus melakukannya, tapi Begu berhasil melakukan serangan dengan baik dan sebaliknya permainan saya tidak begitu baik,"
 
Sharapova bergabung dengan Bouchard  di perempat final setelah mengalahkan petenis China Profesional, Peng Shuai dengan perolehan angka  6-3, 6-0.
 
Selain itu petenis puteri Rusia lainnya yang berhasil melaju ke babak perdelapan final adalah Ekaterina Makarova yang mengalahkan petenis Jerman, Julia Goerges 6-3, 6-2.
 
Makarova, yang merupakan unggulan ke-10, akan bermain melawan pemenang putaran keempat lainnya dalam pertandingan  hari Minggu(25/1)  antara unggulan ketiga Simona Halep dan petenis Belgia Yanina Wickmayer.
 
ABC/Reuters