ABC

Australia Tetapkan Boko Haram sebagai Organisasi Teroris

Australia akan masukkan kelompok militan Boko Haram sebagai organisasi teroris sebagai respon atas aksi penculikan terhadap lebih dari 200 pelajar perempuan di Nigeria.

Perdana Menteri Tony Abbott mengumumkan rencana tersebut di Parlemen Rabu (14/52014), dengan mengatakan seluruh dunia terpaku dan ketakutan karena kejadian tersebut..

"Organisasi Boko Haram dilaporkan bertanggungjawab--selain itu--atas kematian sekitar 300 orang di Timur Laut Nigeria pada beberapa aksi teroris...hari ini saya umumkan bahwa Pemerintah akan mengambil langkah untuk memulai proses pelarangan Boko Haram sebagai organisasi teroris," ucapnya.

"Dalam penetapan Boko Haram sebagai organisasi teroris, Australia akan bekerja sama secara konsisten dengan Nigeria dan juga dengan mitra internasional lainnya, termasuk dengan Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru," kata PM Abbott.

Pemimpin oposisi Bill Shorten mengkonfirmasi Partai Buruh akan mendukung hal tersebut. "Partai buruh sangat prihatin mengenai nasib lebih dari 200 pelajar perempuan yang diculik dari sekolah asrama di utara Nigeria pada pertengahan April," ucapnya.

Shorten menambahkan, "Situasi ini sungguh mengerikan. Ini tentu menjadi mimpi buruk bagi tiap orang tua. Presiden Nigeria sudah mendesak komunitas internasional untuk membantu apa yang bisa kami lakukan untuk menyelamatkan anak-anak ini."

Pihak oposisi memberi saran pemerintah untuk segera mempertimbangkan membuat daftar ini segera sebelum sesi dengar pendapat. "Kami menawarkan setiap dukungan yang memungkinkan kepada pemerintahan Abbott, kami harus melakukan apa yang kami bisa lakukan untuk membantu," katanya.

Menurut Kejaksaan Agung Australia, merupakan suatu pelanggaran untuk menjadi anggota organisasi teroris, merekrut dan melatih anggota yang lain, mencari dana atau mencari dukungan unuk organisasi yang terdaftar sebagai organisasi teroris.

Siapapun yang bersalah karena pelanggaran ini bisa kena hukuman hingga 25 tahun penjara.

Saat ini, Australia menetapkan 18 organisasi yang secara resmi sebagai organisasi teroris. Daftar lengkap organisasi teroris bisa diperoleh di website Australian National Security website.

Sementara itu, setelah dituduh lambat merespon atas kasus penculikan tersebut, pemerintah Nigeria mengirim ribuan tentara ke daerah tersebut, sedang Amerika dan Inggris juga memiliki tim lapangan untuk membantu pencarian tersebut.

Washington sejauh ini sudah mengirim ahli militer, penegakan hukum dan pembangunan.

Minggu ini Boko Haram menyiarkan sebuah video yang mempertontonkan 130 pelajar perempuan menggunakan hijab dan membaca Al-Quran.

Pemimpin kelompok tersebut, Abubakar Shekau, mengatakan ia tidak akan memerintahkan pelepasan pelajar tersebut hingga pemerintah Nigeria melepas rekan-rekannya yang ditahan.

Pemerintah sudah mengatur pertukaran, tapi mereka menyatakan sedang bernegosisasi untuk membebaskan pelajar perempuan tersebut.