ABC

Australia Tambah Bantuan Kemanusiaan Sebesar $10 Juta untuk Fiji

Australia akan memberikan tambahan bantuan asing  $10 juta untuk membantu menyediakan makanan, air dan tempat berlindung bagi korban Badai WInston Fiji.

Menteri luar negeri,  Julie Bishop mengumumkan tambahan bantuan asing untuk korban Badai Winston di Fiji senilai $10 juta untuk membantu memulihkan kerusakan di kawasan itu.
 
Tambahan dana ini akan dialokasikan untuk menyediakan makanan, air bersih, kebersihan dan tempat tinggal ratusan masyarakat yang menderita akibat terpaan topan terburuk yang tercatat Fiji.
 
Julie Bishop mengatakan Australia akan bekerja sama dengan pihak berwenang di Fiji untuk melakukan perbaikan mendesak untuk sekolah, klinik kesehatan dan infrastruktur dasar.
 
Tambahan 16 tenaga medis akan dikirim ke Fiji.


Kedatangan Kapal Induk HMAS Canberra, diharapkan dalam waktu 24 jam ke depan akan membawa sejumlah personil pertahanan Australia di dalam negeri hingga 1.000 personil.

"Paket baru ini menjadikan bantuan Pemerintah Australia untuk Fiji mencapai  $15 juta," kata Bishop.
 
"Australia adalah penyumbang terbesar bagi upaya bantuan internasional, dan kami siap untuk memberikan bantuan lebih lanjut untuk mendukung rakyat Fiji harus itu diperlukan."
 
Otoritas pariwisata di Fiji mengatakan cara terbaik bagi warga Australia untuk membantu mereka adalah dengan datang dan kembali melancong ke Fiji.
 
Sebagian besar fasilitas hotel di Fiji tidak berada di jalur langsung yang dilewati topan dan bisnisnya tetap berjalan.
 
Mayoritas masyarakat Fiji saat ini menggantungkan hidupnya pada pariwisata dan berita menakutkan mengenai kerusakan di kawasan itu akan membuat calon turis membatalkan kunjungan perjalanan mereka ke Fiji.