ABC

Australia Siapkan Rp 4,2 Triliun Untuk Basmi Semut

Menteri-menteri federal dan negara bagian di Australia di bidang pertanian akan menghabiskan anggaran hampir $400 juta, sekitar Rp 4,2 triliun, untuk berusaha memberantas semut api.

Hama yang berpotensi mematikan ini telah melanda kawasan Queensland tenggara. Ada kekhawatiran hama ini juga akan dapat menyebar ke seluruh Australia.

Pemerintah Queensland bertanggung jawab untuk memberantas hama semut api, namun sebelumnya, sejumlah pakar hama mengungkapkan keraguan mereka akan kapasitas negara bagian Queensland untuk melakukannya.

Pemerintah federal Australia telah memberitahu otoritas biosekuriti Queensland dan akan membentuk sebuah komite baru untuk mengawasi upaya pemusnahan ini. Komite baru ini nantinya akan diawasi oleh dewan independen

"Saya mendesak Pemerintah Queensland untuk sekarang juga melakukan tindakan pemberantasan hama yang berbahaya, dan memastikan investasi digunakan secara bijaksana," kata Menteri Pertanian Australia, Barnaby Joyce.

"Di negara bagian Texas, Amerika Serikat saja, semut api diperkirakan telah menelan anggaran sebesar $ 1,3 miliar setiap tahunnya, untuk biaya pengendalian, perbaikan kerusakan, serta perawatan medis."

Kesepakatan pendanaan ini berarti kepastian jangka panjang untuk pemberantasan hama semut api. Anggaran sebesar $38 juta per tahun disepakatai untuk dikeluarkan selama satu dekade.

Tahun lalu, ABC mengungkapkan sebuah tinjauan independen terhadap Program Pemberantasan Semut Api Nasional. Ditemukan ada sedikit kesempatan tersisa untuk memberantas serangga ini, yang berpotensi menjadi spesies invasif terburuk yang pernah melintasi perbatasan Australia.

Dewan Spesies Invasif, yang sebelumnya meragukan kemampuan Pemerintah Queensland untuk mengelola program ini, telah mendukung pendanaan baru dan pengawasan yang lebih baik.

Tapi dewan akan memastikan bahwa komite ini benar-benar independen dan efektif.

"Sekarang, pendanaan tepat telah disediakan, kami akan fokus untuk memastikan pengawasan dan tata kelola program yang lebih baik, serta memastikan dana tersebut digunakan dengan baik," kata Cox.

Diterbitkan pada 27/07/2017 pukul 10:00 AEST. Simak laporannya dalam bahasa Inggris disini.