ABC

Australia Raih Medali Pertama di Olimpiade Sochi

Atlet papan luncur salju (snowboard) Torah Bright memenangkan medali pertama untuk Australia di olimpiade musim dingin Sochi, yaitu medali perak, hari Kamis (13/2/2014) pagi waktu Australia.

Medali emas diraih atlet asal Amerika Kaitlyn Farrington, yang mendapat nilai 91,75, dan medali perunggu diraih Kelly Clark, juga dari Amerika, dengan nilai 90,75.

Saat babak final, Bright hanya mendapat skor 58,25 untuk luncuran pertamanya di struktur half-pipe, namun, saat luncuran kedua, skornya melejit menjadi 91,50.

Menurut atlet yang pada tahun 2010 memenangkan medali emas di olimpiade Vancouver, Kanada, itu, babak akhir merupakan salah satu persaingan yang paling menegangkan selama karirnya.

"Malam ini sulit sekali, mungkin salah satu yang terberat yang pernah saya lalui..." komentarnya.

Dengan kemenangan ini, Ia menjadi salah satu atlet musim dingin Australia yang paling sukses, bersama atlet ski Dale Begg-Smith.

Saat melakukan luncuran terakhir, fikiran Bright melayang ke keluarganya.

"Saya berfikir, 'Kenapa saya lakukan lagi itu pada mereka?' menggantungkan semuanya pada luncuran terakhir. Kenapa saya lakukan ini ke diri saya sendiri?"

Sebelumnya, Bright mengkritik struktur half-pipe, namun mereka mengaku bahwa ada perubahan besar pada struktur tempat meluncur tersebut sebelum kompetisi berlangsung.

"Mereka sudah bekerja keras di sana, dan struktur itu sudah sangat berubah," ucapnya.

Bright merupakan satu-satunya harapan Australia di babak final cabang olahraga snowboard, karena atlet-atlet lainnya: Stephanie Magiros, Hannah Trigger, dan Holly Crawford, telah gugur di babak-babak sebelumnya.