ABC

Australia Luncurkan Liga Footy Perempuan Perdana

Pada akhir pekan pertama di bulan Februari 2017, Australia mengukir sejarah dengan meluncurkan Liga Footy Australia Perempuan (AFLW), kompetisi nasional pertama untuk pemain footy (sepakbola ala Australia) perempuan.

Kompetisi perdana ini baru dimulai, tapi proses persiapannya sudah dilakukan bertahun-tahun, dan akhirnya bintang footy perempuan Australia mendapat kesempatan untuk menampilkan bakat mereka di panggung nasional.

Ini adalah wilayah yang belum dipetakan, yang menarik dan menegangkan secara bersamaan. Mau tahu siapa saja klub yang bertanding dan berapa lama kompetisi ini berlangsung?. Simak ulasan berikut.

Kapan AFLW dimulai?

Pada Jumat (3/2/2017), AFLW perdana mulai digelar, dan dalam pertandingan pertama melibatkan dua klub yang sudah memiliki sejarah persaingan kuat di yaitu Carlton melawan Collingwood. Dan dalam pertandingan perdana tersebut, pintu stadion di Princess Park (markas Carlton) harus ditutup karena sekitar 25 ribu penonton sudah hadir dan ribuan masih berusaha masuk.

Berbeda dengan Liga AFL untuk pria yang dimulai bulan Maret, Liga Perempuan ini sudah dimulai bulan Februari memberikan hiburan bagi mereka yang sudah tidak sabar untuk menonton footy, karena musim sebelumnya sudah berakhir bulan September.

Liga Footy Perempuan
Klub mana yang anda dukung di Liga Footy Perempuan perdana?.

AAP: Dean Lewins

Klub mana saja yang bertanding?

Ada banyak klub yang mengajukan aplikasi, di mana 13 dari 18 klub AFL mengajukan diri untuk berlaga. Ahirnya, hanya delapan tim yang dipilih untuk menjadi peserta AFLW perdana.

Klub tersebut adalah Carlton, Collingwood, Western Bulldogs, Melbourne (semuanya asal Melbouurne) Brisbane (Queensland), Fremantle (Australia Barat), GWS (Sydney) dan Adelaide (Australia Selatan).

Fans dari lima tim lain yang mengajukan aplikasi -yakni Geelong, Richmond, West Coast, St Kilda dan North Melbourne - masih harus menunggu karena mereka telah diberikan izin sementara, dan bisa muncul dalam kompetisi berikutnya pada awal tahun depan.

Bagaimana jika tim favorit saya tak berlaga tahun ini?

Coba cari tim favorit baru! Tak seorangpun akan mempertanyakan loyalitas Anda jika Anda memilih tim favorit baru untuk kompetisi perdana ini. Pada kenyataannya, tiap tim harus mendapat dukungan.

Tentu saja, pendukung klub West Coast (Australia Barat) mungkin susah untuk mengalihkan perhatian mendukung klub se-negara bagian Freemantle . Tapi anda mungkin bisa mendukung klub lain seperti Weestern Bulldogs? Atau selalu ingin tahu bagaimana rasanya menjadi pendukung Collingwood? Atau merasa klub Giants sedang meningkat performanya? Inilah kesempatan Anda untuk terlibat.

Trofi
Trofi yang diperebutkan 8 tim AFLW.

AAP: Joe Castro

Pemain mana yang harus diperhatikan?

Anda mungkin sudah mendengar sebagian besar pemain unggulan -superstar Daisy Pearce dari Melbourne adalah pemain terbaik di Australia, Moana Hope dari klub Collingwood adalah pilihan teratas dalam urusan mencetak gol dan Tayla Harris menjadi populer karena teknik tendangannya yang luar biasa.

Tapi Anda juga akan ingin memerhatikan kapten Katie Brennan dari klub Western Bulldogs yang disebut Doggies, Kara Donellan (yang panggilan akrabnya 'Juddy') dari klub Freemantle (Freo), dan veteran dari Liga Footy Perempuan Victoria 8 kali, Lauren Arnell, yang sekarang menjadi kapten klub Carlton.

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah menonton pertandingan AFLW, Anda akan menemukan pemain favorit baru dalam waktu singkat.

Bagaimana sistem dalam kompetisi ini?

Sederhana. Setiap tim memainkan tujuh laga kandang dan tandang (satu klub melawan satu lawan), dan dua tim teratas pada akhir kompetisi berhadapan di grand final.

Susan Alberti
Kapten Susan Alberti dan piala.

AAP: Joe Castro

Adakah aturan yang berbeda?

Tak begitu juga, tapi pertandingan AFLW menggunakan 16 pemain (termasuk cadangan) ketimbang 18 pemain yang digunakan dalam liga AFL pria. Bola footy-nya sendiri juga lebih kecil dari yang dipakai tim pria.

Selain itu, liga ini juga tidak mengijinkan adanya transfer pemain di tengah kompetisi, meski itu disebabkan kebijakan ketat AFL, bukan sesuatu yang spesifik untuk AFLW.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.