ABC

Australia Dinilai Layak Jadi Guru Aplikasi Mobil Swakemudi

Australia berada pada posisi yang baik untuk menyesuaikan diri dengan dunia baru teknologi kendaraan swakemudi mengingat penggunaannya yang meluas di sektor sumber daya alam Australia. Demikian dikatakan mantan Menteri Transportasi AS, Rodney Slater.

Menteri Transportasi pada era Presiden AS, Bill Clinton pada tahun 1990-an itu mengatakan sementara kalangan regulator masih bergulat dengan isu otomasi, Australia berada dalam posisi yang pantas untuk mengajarkan penerapan sistem ini ke seluruh dunia.

"Di lingkungan yang terstruktur dan terbatas tapi itulah jenis lingkungan yang harus kita ciptakan agar otomasi bisa digunakan di kota-kota seperti Sydney dan Melbourne.

"Saya pikir Anda memiliki jenis kepemimpinan publik dan jenis kepemimpinan perusahaan yang dinamis untuk membantu Australia tidak hanya menjadi pemain tapi pemimpin."

Ada sihir di luar Jetsons

Tapi Rodney Slater mengatakan Australia dan dunia perlu melihat melampaui perbandingan otomasi dengan fantasi yang dimainkan dalam film The Jetsons dan Star Trek.

"Bayangkan orang tua lansia Anda yang mungkin harus melepaskan kemampuan mengemudi mereka atau seseorang yang memiliki kondisi disabilitas dan tidak bisa mengemudi sekarang bisa menikmatinya dengan cara yang independen bagi mereka," katanya.

"Ini benar-benar suatu keajaiban dari perluasan transportasi dan portabilitas yang disediakan oleh otomasi ini."

Kendaraan swakemudi di Southern Expressway
Rodney Slater mengatakan terjadi ekspansi luas terkait pilihan transportasi di masa depan.

Australian Driverless Vehicle Initiative

Rodney Slater mengatakan tantangan bagi pemerintah, regulator, dan pengendara motor saat ini adalah bagaimana mobil tradisional yang dikendarai oleh manusia berbagi jalan dengan kendaraan otomatis.

"Saya pikir kita akan sampai pada titik di mana kita harus menetapkan rute-rute di sejumlah kawasan di sejumlah wilayah tertentu dimana anda kemungkinan dapat menetapkan rute-rute untuk seluruh kendaraan yang akan memberi ruang bagi kendaraan otonom yang lebih luas.” katanya.

Rodney Slater juga menjelaskan 94 persen kecelakaan kendaraan bermotor disebabkan oleh kesalahan manusia, yang berarti kendaraan otomatis bisa berperan penting dalam menurunkan jumlah kematian di jalan.

Bukan proses yang mudah 

Kepercayaan, bagaimanapun juga merupakan faktor utama.

Rodney Slater mengkhawatirkan beberapa teknologi, seperti pesawat tanpa awak, bisa "dipersenjatakan’ dan mungkin dieksploitasi, dengan mengacu pada peristiwa penembakan massal di Las Vegas.

"Kita tidak bisa membiarkan sesuatu, hanya karena itu bisa digunakan untuk sakit, tidak bisa dimanfaatkan untuk selamanya.

"Saya pikir sektor publik dan swasta memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat dengan jenis kendaraan ini dan dengan teknologi baru ini."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.