ABC

Australia Alami Kelangkaan Apel, Harga Jadi Naik

Tahun depan, diperkirakan para produsen jus dan pembuat minuman berakohol jenis cider harus mengeluarkan biaya hingga seribu dolar Australia untuk membeli satu ton apel. Hal ini dikarenakan kelangkaan produksi apel di sejumlah kawasan di Australia.

Berbagai cuaca buruk, seperti gelombang panas dan cuaca dingin, menjadi penyebab turunnya produksi buah apel di Australia pada tahun ini.

John Power, General Manager dari perusahaan Batlow Fruit Co-Operative yang bermarkas di negara bagian New South Wales, memprediksi permintaan jus buah akan meningkat.
 
"Biasanya yang terjadi adalah panen buah apel yang kemudian diproses untuk membuat jus, tetapi tahun ini presentase yang besar justru langsung dipetik," jelas Power.

Apple production expereinces lower crops this season (Photo: Laurissa Smith)

"Harga apel pada awalnya sangat rendah, tetapi kini meningkat cepat," tambah Power. "Saya duga akan terjadi juga kelangkaan pada produksi jus akhir tahun nanti."

Menurutnya awal tahun ini, para petani apel sudah sangat diuntungkan dengan harga apel yang mencapai 200 dolar Australia per ton.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus