ABC

Atraksi Victoria Menarik Turis: Sejarah, Olahraga, Seni dan Kuliner

Mari belajar dari negara bagian Victoria Australia tentang mengelola industri pariwisata. Victoria memang memperhatikan sekali atraksinya untuk menarik turis. Apa keunggulannya?

"Itu pasti menceritakan sejarah dari suatu negara. Sejarah, salah satu atraksi di Sovereign Hill Ballarat, menceritakan tentang sejarah penggalian emas di Australia. Emaslah yang membangun kota ini (Melbourne) tahun 1850-1860. Jadi ceritakanlah tentang sejarah suatu kota, ceritakan kisah sebenarnya yang tak bisa Anda temukan di tempat lain. Ceritakan kisah sungai ini, taman ini yang unik, kami mendapati bahwa ini menarik buat turis," tutur Chief Executive of Victoria Tourism Industry Council (VTIC/Dewan Industri Pariwisata Victoria) Dianne Smith.

Dianne ditanya jurnalis Indonesia apa yang membuat pariwisata di Victoria berbeda dari negara bagian lain atau bahkan negara lain di kawasan Federation Square, Melbourne, Victoria atas undangan Australia Plus ABC International pada September 2015 lalu.

berbagai turnamen olahraga yang rutin digelar setiap tahun menjadi magnet pariwisata di Melbourne.
berbagai turnamen olahraga yang rutin digelar setiap tahun menjadi magnet pariwisata di Melbourne.

 

Dia menambahkan sebenarnya Melbourne dan Victoria menarik turis untuk berbagai tujuan. Baik untuk liburan, bisnis, atau sekadar mengunjungi teman dan kerabat.

"Banyak juga orang Indonesia yang berkunjung ke sini. Alasannya berbagai macam, bisa jadi mereka punya saudara yang sekolah di sini di Melbounre, datang untuk alasan berbeda dan sekalian berkunjung. Orang Indonesia itu bagian dari event fashion yang digelar pada Maret tahun ini (2015), di sini mereka datang tak cuma urusan bisnis, tapi juga menikmati pemandangan kota yang indah. Mereka datang ke sini seperti mereka ingin tinggal di sini," imbuh dia.

Dianne juga menambahkan ada berbagai macam acara, termasuk olahraga, galeri seni. Di galeri seni ada banyak warisan Aborigin yang dipamerkan dan merupakan bagian penting dari Kota Melbourne dan Victoria.

"Anda tahu, kami harus selalu memperbarui atraksi pariwisata, kami berinvestasi sangat besar untuk atraksi pariwisata, galeri, parade pinguin, kebun binatang, heritage park. Jadi ini adalah sesuatu yang kami fokuskan," jelas Dianne.

Ditambahkan Menteri Pariwisata dan Acara Besar, Menteri Olahraga dan Menteri Veteran, John Eren, Victoria memiliki banyak acara olahraga. Sebut saja kompetisi tenis dunia Australia Open yang dihadiri 720 ribu orang dari seluruh dunia, turnamen sepak bola International Champions Cup (ICC) yang bisa menggerakkan roda ekonomi sebesar ratusan juta dolar, Australian Footbal League (AFL) alias Footy atau sepak bola khas Australia, serta Spring Racing alias pacuan kuda.

Salah satu event kuliner di Melbourne,  World's Longest Lunch. (ABC: Kristofor Lawson)
Salah satu event kuliner di Melbourne, World's Longest Lunch. (ABC: Kristofor Lawson)

 

Kemudian, ada juga industri MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) juga turut menggerakkan ekonomi.

"Orang-orang yang hadir dalam konferensi itu menghabiskan sekitar AU$600-650 (Rp 6 juta-Rp 6,5 juta) per hari, itu perputaran ekonomi yang besar. Jadi sangat bernilai kami menginvestasikan AU$190-210 juta untuk membangun convention center," imbuhnya.

Kemudian, imbuhnya, Melbourne dan Victoria juga memiliki kawasan-kawasan budaya, penampilan seni, juga kawasan-kawasan kuliner.

"Restoran yang bagus, makanan yang enak, kopi terbaik di dunia. Semuanya itu berpadu dan itu sebabnya kami mendapatkan predikat most livable city in the world. Kemudian juga kehidupan multikultural di sini, sangat istimewa. Itu membuat branding bagi kami, sangat penting," tutur John.

*Dapatkan kesempatan memenangkan boneka beruang Bobbie, khas Australia, yang memiliki harum bunga lavender dengan menceritakan apa yang paling Anda sukai dari Australia. Caranya? Tulis di akun Twitter Anda dengan tag #JendelaAustralia. Ikuti akun @APlusIndonesia untuk mengetahui pemenangnya.