ABC

Artis Berdarah Indonesia Jessica Mauboy Rilis Album ketujuh

Penyanyi pop Australia keturunan Indonesia Jessica Mauboy meluncurkan album sound track serial drama televisi “The Secret Daughter“ Musim Dua pekan lalu.

Jessica telah memiliki tujuh album yang terdiri dari tiga album sound track, tiga album studio dan satu album yang direkam secara langsung (live).

Jessica yang ayahnya berasal dari Timor Barat, Nusa Tenggara Timur dan ibunya keturunan Aborijin memainkan peran utama dalam kedua musim serial televisi yang diputar pada jam tayang utama itu.

Perempuan kelahiran Darwin, Wilayah Utara Australia ini berharap di masa depan mendapat lebih banyak tawaran bermain peran.

“Saya ingin sekali lebih banyak terlibat dalam film, mungkin menyampingkan musik pada titik tertentu,” kata Jessica dalam program 7.30 di ABC TV 5 Oktober lalu.

Meski ingin lebih memperbanyak karir film, posisi Jessica sebagai penyanyi semakin berkibar setelah pekan lalu namanya masuk dalam enam nominasi ARIA (Australian Recording Industry Assosiciation) Awards.

Dalam penghargaan paling bergengsi di industri musik Australia itu, Jessica masuk nominasi untuk kategori Artis Perempuan Terbaik untuk The Secret Daughter, Video Terbaik untuk lagu "Fallin'", Rilisan Pop Terbaik untuk lagu "Fallin'", Soundtrack Terbaik untuk "The Secret Daughter", Lagu Tahun Ini untuk "Fallin'" dan Penampil Australia Terbaik.

Tahun lalu Jessica mencatat sejarah di industri musik Australia sebagai penyanyi pertama berdarah Aborigin yang albumnya menduduki peringkat teratas ARIA Album Chart.

Selain serial televisi The Secret Daughter musim pertama dan kedua, Jessica juga pernah berperan dalam film Bran Nue Dae (2010) dan The Sapphires (2010) yang mendapat banyak pujian secara internasional.

The Sapphires yang diinspirasi dari kisah nyata bercerita tentang empat perempuan penyanyi keturunan Aborijin yang menghibur tentara saat perang Vietnam.

Sebagai artis keturunan Aborijin paling sukses di industri hiburan Australia, Jessica sering dianggap sebagai panutan (role model) bagi generasi muda keturunan Aborijin.

Dia pernah menolak tawaran untuk iklan produk minuman beralkohol karena pertimbangan tingginya konsumsi alkohol di kalangan masyarakat Aborijin sangat mencemaskan.

Ke audisi Australian Idol dengan uang pinjaman

Jessica senang menyanyi sejak kecil karena bapak dan ibunya rajin mengenalkan lagu-lagu country kepada lima anak perempuan mereka.

Pada tahun 2006, audisi Australian Idol akan digelar di Alice Springs, 1500 kilometer dari Darwin dan Ferdy Mauboy, ayah Jessica ingin memberangkatkan anaknya.

“Suatu hari saya pulang ke rumah dan saya pikir kena masalah karena setiap kali ibu dan bapak saya duduk di meja, ada sesuatu yang salah,” kata Jessica kepada komedian dan pelukis Anh Do pada program Anh’s Brush With Fame, Juli lalu.

Singer Jessica Mauboy with Anh Do
Anh Do berbincang sambil melukis wajah Jessica Mauboy dalam acara Ahn's Brush with Fame yang disiarkan ABC TV.

https://twitter.com/abctv/status/852114086691196930

“Idol-idol ini sepertinya sedang ke sini. Kamu dan ibu akan pergi ke Alice Springs ya?” kata Jessica menirukan ucapan ayahnya.

Awalnya Jessica marah mendengar itu. “Saya pikir lebih ketakutan. Takut karena saya sangat menyukai itu.”

Ferdy mengatakan akan meminjam uang dari temannya.

“Saya merasa sangat tidak enak. Saya menjadi emosional.”

Jessica lolos audisi Australian Idol dan bertarung sampai ke final.

Meski tidak menang, hanya juru kunci, karir bermusik Jessica justru sangat cemerlang.

Dia sangat bersyukur dengan apa yang diraihnya mengingat kondisi keluarganya yang berjuang secara finansial saat dia tumbuh di Darwin.

“Kami lumayan mengalami lungsuran barang. Oper, kamu berikutnya, itu untukmu. Entah itu kaos kaki, pakaian dalam,” kata Jessica.

“Kami melihat orang tua kami melewati naik turun, bertengkar, dan hal-hal semacamnya dan itu menunjukkan tidak cukup uang.”

Pada perbincangan dengan Anh, Jessica juga menceritakan tentang kecelakaan yang dialami ayahnya Ferdy di lokasi kerjanya sebagai montir listrik tahun 2011.

Akibat kecelakaan itu Ferdy harus dirawat di instalasi perawatan intensif selama 11 hari.

Diterbitkan oleh Alfred Ginting dari video berbahasa Inggris di sini.