ABC

April, Pangeran William dan Keluarganya ke Australia

Pangeran William dan isterinya Kate Middleton, yang bergelar Duke dan Duchess of Cambridge, akan berkunjung ke Australia dan Selandia Baru untuk tiga minggu pada bulan April bersama putra mereka yang berusia sembilan bulan, Pangeran George.

Jurubicara kerajaan Inggris mengatakan, selama kunjungan ini mereka akan tinggal di Wellington, Canberra dan Sydney.

Dikatakan, publik Australia akan mendapat kesempatan melihat langsung Pangeran George paling tidak sekali dalam lawatan itu.

Keluarga muda pewaris kerajaan Inggris itu dikatakan sangat menantikan lawatan ini.

Dari Sydney, mereka akan mengunjungi penduduk Blue Mountains yang tertimpa bencana kebakaran hutan tahun lalu. Mereka juga akan ke Kebun Binatang Taronga - dimana sebuah kandang bilby (sejenis kelinci) akan diberi nama dengan nama pangeran cilik itu. Setelah itu mereka mengunjungi Sydney Royal Easter Show.

Pasangan ini juga akan ke pangkalan Angkatan Laut Australia di Amberley dalam persinggahan di Brisbane, sebelum meneruskan perjalanan ke Adelaide dan Uluru, dimana mereka akan berjalan mengelilingi dari batu raksasa yang menjadi ikon Australia itu.

Ini merupakan kunjungan resmi pertama Kate Middleton ke Australia, setelah kunjungan resmi terakhir Pangeran William pada Maret 2011 ke Queensland dan Victoria.

Pasangan itu sempat transit sebentar di bandara Brisbane di tahun 2012 dalam perjalanan kembali dari lawatan di kawasan Asia Pasifik.

Pangeran George akan berumur sembilan bulan pada bulan April - usia yang sama ketika Pangeran William pertama datang ke Australia bersama orang tuanya, Pangeran Charles dan Putri Diana (alm.), pada bulan Maret 1983.

Selama dua malam pangeran cilik itu akan terpisah dari orang tuanya yang harus melakukan tugas dalam lawatan itu.

Mereka akan berada di Canberra untuk upacara peringatan Hari Anzac, tepat 100 tahun sejak dimulainya Perang Dunia Pertama.