ABC

April Mop yang Ini Benar-benar tidak Lucu

Bermaksud melakukan April Mop, namun harus berurusan dengan polisi. Itulah yang terjadi di SMU Castle Hill High School di pinggiran Sydney, Australia.

Ratusan orangtua dan wali siswa menerima SMS dan email dari pihak sekolah, yang menyatakan SMU tersebut terbakar habis semalam sehingga sekolah diliburkan Selasa 1 April ini.

Di Australia, pada umumnya sekolah menggunakan sistem pengiriman pesan SMS dan email kepada orangtua atau wali murid. "Dari sistem inilah diduga ada pihak yang mengakses dan mengirimkan pesan secara ilegal," kata Mark Davis dari Departemen Pendidikan negara bagian New South Wales (NSW).

Pesan yang dimaksudkan sebagai April Mop itu terkirim ke sekitar 1.400 orangtua siswa sekitar Pukul 2.30 Selasa (1/4/2014) pagi.

Menanggapi hal ini, pihak SMU Castle High telah mengeluarkan pernyataan resmi di website sekolah, yang membantah kabar adanya kebakaran tersebut.

"Mohon pesan tersebut dianggap tidak ada. Tidak benar terjadi kebakaran. Sekolah tetap berjalan normal dan ujian tahunan Kelas 12 tetap berjalan sebagaimana dijadwalkan," demikian pernyataan pihak sekolah.

Menteri Pendidikan NSW Adrian Piccoli berjanji menindaklanjuti masalah ini dan menemukan siapa yang bertanggung jawab.

"Untuk April Mop, saya kira kalau lucu-lucuan yang biasa tidak apa-apa. Namun sesuatu seperti ini, mengganggu dan menimbulkan keresahan bagi ratusan orangtua murid, tidak bisa kita tolerir," tegasnya.

Salah seorang orangtua siswa, Suzy Tunks, menyatakan ia terbangun Pukul 2.30 pagi karena adanya SMS April Mop itu.