ABC

Aplikasi Ponsel Yang Bisa Mengintai Pergerakan Anda

Aplikasi yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan ponsel mereka yang hilang atau dicuri kini digunakan sebagai alat pengintaian atauspyware oleh para penguntit.

Ada puluhan aplikasi spyware gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Beberapa di antaranya dipasarkan ke orang tua yang cemas, yang ingin melacak anak-anak mereka, atau ke seseorang yang khawatir pasangannya selingkuh. Sejumlah lainnya dijual sebagai alat anti-pencurian untuk melacak ponsel yang dicuri.

Untuk mendapatkan pengalaman langsung, jurnalis ABC memutuskan untuk menguji salah satu aplikasi ini pada dirinya sendiri, dan mengubah ponselnya menjadi alat pelacak selama sehari.

Gambaran untuk pengintai

Begitu menemukan bahwa aplikasi ini bisa merekam dan melacak, bayangan mengerikan tentang betapa mudahnya pasangan yang cemburu atau mantan pendendam untuk, secara diam-diam, mengintai korban mereka.

Sineas Belanda, Anthony van der Meer, menggunakan aplikasi ini untuk melacak setiap gerakan jurnalis ABC tersebut selama sehari. Van der Meer, yang berada di Australia untuk berbicara di pertemuan Asosiasi Profesional Privasi Australia-Selandia Baru (ANZ), membuat sebuah film dokumenter yang menggunakan aplikasi pelacakan untuk melacak telepon genggamnya yang dicuri. Dalam waktu kurang dari setahun, film itu dilihat lebih dari 6 juta kali.

Terkadang kita tidak sadar betapa mudahnya ponsel kita bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk diintai, disadap dan direkam apa yang semua kita katakan, ke mana pun kita pergi dan semua yang kita lakukan.

Dengan mengunduh aplikasi tersebut, dan anda harus menyadari bahwa anda bisa dipantau kapan saja, walau anda tak tahu persis kapan mulai diawasi. Dan mungkin ketika menjalani rutinitas pagi hari, anda lupa seketika bahwa ponsel anda sedang memata-matai kegiatan anda.

Skip gfycat embed

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Meski ikon aplikasi terlihat di ponsel, ada versi terselubung yang tersedia dengan judul "kerangka sistem" yang tidak berbahaya. Terlepas dari ikon yang berbunyi, tak ada tanda bahwa ponsel saya dikompromikan.

Jurnalis ABC itu akhirnya memilih untuk tidak memberi nama aplikasi yang digunakan dalam percobaan ini, namun perangkat lunak ini tersedia di Android app store dan hanyalah satu dari sekian banyak aplikasi yang tersedia.

Kamera depan dan belakang, mikrofon, pesan teks dan log panggilan telepon-nya bisa diakses dari jarak jauh.

Dengan menggunakan koneksi WiFi dan data GPS terdekat, lokasi anda bisa dilacak. Di mana anda tinggal, di mana anda bekerja dan di mana anda membeli kopi pagi, semuanya terlihat.

Peta ini menunjukkan aktivitas anda selama anda dilacak.

Skip gfycat embed

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Penyalahgunaan aplikasi pelacakan konsumen

Aplikasi spyware konsumen semakin populer, menurut pakar pengintaian dari Universitas Deakin, Dr Adam Molnar.

"Spyware komersil digunakan oleh penegak hukum dan intelijen keamanan, di negara-negara di seluruh dunia. Sisi konsumen dari alat itu, apa yang sebenarnya bisa dibeli warga sipil, sangat mirip," jelasnya.

Tapi ada perbedaan, sebutnya.

"Biasanya spyware konsumen membutuhkan akses fisik ke perangkat."

Penyalahgunaan jenis spyware konsumen ini sudah muncul. Polisi di, setidaknya, dua negara bagian Australia telah mengeluarkan peringatan internal tentang aplikasi yang digunakan dalam percobaan ini.

Karen Bentley dari The Women's Services Network, sebuah organisasi yang melatih para pekerja kasus KDRT, mengatakan bahwa ia telah melihat aplikasi serupa yang digunakan untuk menguntit para korban.

"Saya telah bekerja dengan seorang perempuan yang diberi ponsel oleh mantan suaminya, barang yang juga diberikan kepada anak-anaknya," ujarnya.

"Ia (sang mantan suami) memasang sebuah aplikasi di ketiga ponsel yang melacak dengan tepat di mana mereka berada dan juga memiliki notifikasi jika mereka melampaui batas tertentu, dan perempuan ini tidak tahu.”

"Mudah bagi para penyiksa untuk membuat orang berpikir bahwa mereka gila, percaya naluri Anda, mungkin beli-lah ponsel baru dan mengamankan kata kunci yang Anda punya," nasehat Bentley.

Pengacara Veronica Scott, dari Asosiasi Profesional Privasi Internasional ANZ, mengatakan, meski mengunduh aplikasi spyware konsumen mungkin tergolong legal, cara Anda menggunakannya mungkin tidak demikian.

"Masalah hukum yang potensial terjadi ketika Anda menggunakannya dengan cara merekam atau melacak atau mengumpulkan informasi tentang seseorang tanpa persetujuan atau pengetahuan mereka," jelasnya.

Dr Molnar memeringatkan bahwa ada banyak aplikasi umum lainnya yang bisa mengungkapkan lebih banyak informasi daripada yang kita sadari.

"Bukan hanya spyware konsumen yang mampu memberikan visibilitas detil yang benar-benar samar tentang apa yang sedang dilakukan seseorang pada perangkat mereka," katanya.

"Ini produk sehari-hari, layanan yang kita gunakan seperti Facebook atau Snapchat. Ketika mereka mengungkap informasi geolokasional, sebenarnya mereka bisa terlihat oleh orang lain," ujar Molnar.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.