ABC

Aplikasi Ponsel Gantikan Kartu Myk

Pengguna angkutan umum di negara bagian Victoria akan dapat menyingkirkan kartu Myki mereka dan mulai menempelkan atau men-tap dengan ponsel pintarnya untuk membayar ongkos berkat sistem tiket seluler baru yang diperkenalkan mulai pekan ini.

kartu myki

Poin inti:

• Sepertiga pengguna transportasi umum di Melbourne akan dapat menggunakan aplikasi ini

• Pemerintah sedang dalam pembicaraan dengan Apple untuk mengembangkan versi iPhone

• Mengizinkan pengguna membayar kartu kredit lebih sulit karena sistem tiket multi-modal kota Melbourne, kata PTUA

Namun Pemerintah negara bagian Victoria mengatakan aplikasi smartphone yang dibuat khusus ini hanya akan tersedia untuk pengguna Android menyusul dilakukannya uji coba konsep sistem pembayaran baru ini yang telah dimulai sejak tahun lalu.

Ada rencana untuk mengembangkan versi Apple.

Menteri Transportasi Umum Victoria, Melissa Horne mengatakan sistem baru ini akan diperkenalkan pada hari Kamis (28/3/2019) mendatang dan dapat digunakan pada kereta, trem dan bus.

"Sistem pembayaran baru ini secara efektif akan menguntungkan sekitar 33 persen warga yang kita tahu telah memiliki teknologi Android dan sistem ini akan mempermudah dan menyederhanakan orang dalam membayar moda transportasi publik hanya dengan men-tap ponsel mereka ketika masuk dan keluar," katanya.

"Kami memiliki lebih dari 4.000 orang di luar sana yang telah menjajal teknologi baru ini dan kami memiliki respon positif yang luar biasa atas sistem tersebut," katanya.

Teknologi baru ini menggunakan Google Pay dan memungkinkan penumpang untuk bepergian dengan tarif berapa pun.

Tony Morton, presiden Asosiasi Pengguna Transportasi Publik Victoria (PTUA), mengatakan langkah itu adalah langkah yang baik untuk membuat sistem lebih ramah bagi pengguna.

"Kami melihat ini sebagai peningkatan tambahan yang baik untuk sistem tiket, sistem ini menambah opsi bagi masyarakat untuk membayar ongkos mereka dengan cara yang nyaman," katanya.

Warga men-tap kartu myki di stasiun Southern Cross Melbourne
PTUA mengatakan aplikasi myki merupakan sebuah langka ke arah sistem pembayaran tarif yang lebih ramah bagi pengguna transportasi publik di Melbourne.

ABC Radio Melbourne: Nicole Mills

Sayangnya sistem ini baru tersedia untuk pengguna ponsel Android saja, tapi kami memahami pemerintah masih dalam posisi bernegosiasu dengan Apple untuk memperluas sistem pembayaran ini ke platform iPhone dan kita akan sangat senang di masa depan sistem pembayaran ini akan tersedia secara universal."

Pembayaran dengan kartu kredit?

Di Sydney, New South Wales para pengguna transportasi public telah dapat menggunakan kartu kredit atau kartu debit mereka - dan juga telepon seluler yang terhubung dengan kartu-kartu itu untuk membayar kereta, feri, dan monorail sejak tahun lalu.

Pemerintah NSW berencana untuk memperluas layanan ini ke bus Sydney pada pertengahan tahun ini.

Tony Morton mengatakan sistem tarif di kota Melbourne yang rumit membuat penerapan teknologi semacam itu sulit di ibukota Victoria.

"Apa yang dimiliki Sydney adalah sistem tarif terpisah - jadi Anda membayar tarif terpisah setiap kali Anda pergi dari satu kendaraan ke kendaraan lain," katanya.

"Gagasan di balik sistem tarif di Melbourne adalah bahwa Anda tidak menerima penalti jika, misalnya, Anda tidak tinggal dalam jarak yang bisa dicapai dengan berjalan kaki ke stasiun kereta api sehingga Anda harus naik bus ke tujuan akhir Anda.

"Dengan sistem yang mengandalkan kartu kredit untuk melakukan pembayaran tarif, sangat sulit untuk mengintegrasikannya dengan sistem tarif multi-modal seperti yang kita miliki."

Namun dia mengatakan PTUA masih ingin melihat opsi lain diperkenalkan di Melbourne yang akan bekerja dengan baik untuk pengguna sesekali dan mereka yang berkunjung ke kota Melbourne.

"Kami dulu memiliki opsi tiket jangka pendek, yang kini telah dihapus, kami masih berpikir bahwa perlu ada beberapa opsi semacam itu," katanya.

"Bagaimana cara implementasinya itu benar-benar harus dipertimbangkan secara masak oleh pemerintah."

Saat ini, pengguna angkutan umum dapat menggunakan pengisian otomatis, atau menambah kartu Myki online, yang membutuhkan waktu hingga 90 menit untuk memperbarui.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.