ABC

Aplikasi Ini Mampu ‘Hidupkan’ Tato

Seorang seniman asal Melbourne, Australia, membuat karya yang menampilkan versi tiga dimensi tato dengan menggunakan hasil scan tato sungguhan dari kulit subyek-subyek karyanya. Hasilnya, bila dilihat menggunakan aplikasi khusus di tablet atau ponsel, gambar-gambar tato tersebut tampak 'meloncat' keluar dari layar dan bergerak.

Karya-karya seniman bernama Alison Bennet itu  tengah ditampilkan di galeri 10x8 di Sydney di bawah judul pameran Shifting Skin, sebagai bagian festival seni visual Mardi Gras Gay dan Lesbian.

Bennett menggunakan scanner untuk mengambil gambar tato langsung dari kulit subyeknya. Ia mengambil berbagai gambar seperti tato burung dan kupu-kupu. Untuk melihat karya tersebut dalam bentuk tiga dimensi, harus menggunakan aplikasi untuk ponsel pintar atau tablet yang tersedia gratis.

"Saat orang melihat [karya-karya] itu, seringkali mereka menjerit, dan ada juga orang yang sampai berguling-guling di lantai berusaha mengelilingi obyeknya. Hampir seperti menari-nari depan foto," cerita Bennett.

Awalnya, gagasan untuk karya tersebut diambil dari novel fiksi ilmiah berjudul Spook Country, karya penulis Amerika William Gibson.

Bennett kemudian memberi tahu sang pengarang tentang karya yang Ia buat berdasarkan novel itu melalui twitter. Akibatnya, banyak pengguna twitter yang ingin melihat karyanya.

Bahkan, karyanya juga menarik situs-situs terkenal seperti Huffington POst, Mashable, dan juga diliput di stasiun televisi Nigeria.

Bennett, yang saat ini tengah mengejar gelar Doktor di Deakin University, telah diundang mengadakan pameran di luar negeri.