ABC

Aplikasi Informasi Darurat VicEmergency Diluncurkan di Melbourne

Warga Victoria, Australia, kini bisa mengakses informasi lebih cepat mengenai berbagai keadaan darurat seperti kebakaran, gempa bumi, badai hingga penampakan ikan hiu dengan diluncurkannya aplikasi terbaru -VicEmergency

Emergency Management Victoria (EMV) pada Rabu (16/11/2016) merilis aplikasi VicEmergency, menggantikan aplikasi FireReady untuk perangkat ponsel Android dan iOS.

VicEmergency screenshot
Para pengguna aplikasi VicEmergency dapat menciptakan dan mengedit lebih dari 20 zona pengawas.

Screenshot

Aplikasi FireReady, yang menyediakan penggunanya informasi mengenai kebakaran ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mengirimkan lebih dari 2 miliar pesan sejak dirilis tahun 2011 lalu.

Komisioner EMV, Craig Lapsley mendorong warga Victoria untuk segera mengunduh aplikasi yang baru ini agar waspada menghadapi musim darurat yang akan datang.

Dia mengatakan masyarakat seharusnya dapat membiasakan diri dengan aplikasi ini sehingga mereka bisa selalu waspada dengan informasi yang ditawarkan dan bagaimana cara kerja aplikasi ini.

"Anda akan bisa membuat keputusan yang baik mengenai keselamatan anda dengan mengunduh aplikasi ini,” kata Lapsley.

Zona pengawas

Aplikasi VicEmergency ini meliputi beberapa perbaikan pada aplikasi sebelumnya dan menyediakan informasi mengenai semua jenis peristiwa darurat, tidak hanya kebakaran lahan saja.

Setelah mendaftarkan akun di aplikasi ini, para pengguna bisa menggunakan peta untuk menciptakan lebih dari 20 zona pengawas.

Zona-zona ini kemudian akan tersedia dimana saja para pengguna menggunakan aplikasi ini, baik itu lewat ponsel, tablet atau via situs VicEmergency.

Daerah jangkauan zona pengawas ini mencakup yang terkecil 500 meter atau yang paling luas itu 100 kilometer.’

Jenis-jenis insiden yang dipantau di masing-masing zona pengawas ini bisa diubah sehingga seorang pengguna dapat diberi informasi terbaru mengenai penampakan hiu saja di pantai mereka setempat atau kebakaran lahan di dekat lokasi kemah favorit mereka.

Para pengguna juga dapat memilih opsi mendapat pemberitahuan mengenai berbagai macam kasus darurat lainnya, termasuk informasi mengenai pohon dan tiang listrik yang tumbang, dan juga kemunculan ganggang massal maupun wabah serangga.

Aplikasi ini akan selalu memberitahukan penggunanya mengenai peringatan darurat, pengawas dan aksi peringatan serta evakuasi di daerah pengawasan mereka.

Menteri Layanan Kedaruratan James Merlino mengatakan peluncuran aplikasi ini merupakan tahap penting dalam menyediakan perbaikan keselamatan masyarakat.

"Ini soal menyediakan sumber informasi terbaik bagi masyarakat," katanya.

Aplikasi VicEmergency ini sekarang sudah tersedia untuk diunduh di iTunes dan Google Play dan dapat di akses juga melalui situs emergency.vic.gov.au.

Diterjemahkan pukul 22:00 WIB, 16/11/2016, oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.