ABC

Apa Kata Warga Australia Tentang Nilai-Nilai Australia?

Warga Australia di seluruh benua ini punya pendapat yang beragam tentang apa itu ‘nilai Australia’ sebenarnya, setelah Pemerintah Federal Australia mengajukan mereka untuk menjalani proses kewarganegaraan. Dari kebebasan berbicara, kesetaraan hingga kebiasaan-kebiasaan unik, apa saja pandangan mereka?

Di bawah tes kewarganegaraan yang diumumkan oleh Perdana Menteri Australia -Malcolm Turnbull, kandidat warga negara diharapkan untuk membuktikan komitmen mereka kepada negara dengan mempraktekkan "nilai Australia" yang disepakati bersama.

Seperti apa persisnya nilai-nilai itu memang belum diartikulasikan secara resmi oleh Pemerintah Federal Australia, yang akan berkonsultasi dengan publik sebelum memastikan pertanyaan yang akan diajukan.

ABC berbicara kepada warga Australia dari seluruh penjuru negeri untuk menanyakan apa yang mereka anggap sebagai nilai yang menentukan bagi warga Australia.

Annette Bowley, Adelaide

Ketika berada di Australia, Anda hidup dengan standar Australia. Saya tak bisa membayangkan warga Australia yang pergi ke luar negeri dan berharap keyakinan dan standar budaya kami mengubah orang-orang di negara lain. Saya tak berpikir bahwa seseorang yang datang ke Australia harus percaya bahwa seharusnya kamu mengubah standar budaya dan politik kami untuk menyesuaikan dengan mereka.

Anthony Flomo
Anthony Flomo dan Marthaline David dari Townsville.

ABC

Marthaline David, Townsville

Keluarga. Semua orang di sini sangat berorientasi keluarga, meski mereka memiliki kesibukan dalam hidup, mereka masih menyediakan waktu untuk keluarga mereka.

Kate Watkinson
Kate Watkinson dari Adelaide.

ABC

Kate Watkinson, Adelaide

Nilai Australia adalah tentang keterbukaan dan mendukung orang untuk mencapai potensinya. Menikmati perbedaan.


Daniel Franks
Daniel Franks dari Newcastle.

ABC

David Franks, Newcastle

Ketika orang mengatakan budaya Australia, saya benar-benar tak melihat apapun selain sandal jepit, bir dan barbeque. Ini bukan sesuatu yang benar-benar bisa Anda anggap sebagai nilai atau prioritas tinggi. Benar-benar jadilah diri anda sendiri. Saya tak tahu apa yang bisa kita dorong ke para imigran untuk mengatakan apa yang bisa mereka ubah.

Jane Hart
Jane Hart dari Newcastle.

ABC

Jane Hart, Newcastle

Jadilah warga negara yang baik dan melakukan hal yang benar. Saya pikir banyak orang membawa pandangan mereka sendiri dan tak mengikuti pandangan kami dan mereka harus melakukan hal yang benar dan mengikuti peraturan di sini, bukan aturan dari tempat mereka berasal. Mereka harus menjalankan hak dan kewajiban.

David Martin
David Martin dari Perth.

ABC

David Martin, Perth

Menjadi warga negara Australia adalah untuk melatih akal saya agar menghormati hak asasi manusia dan menumbuhkan tingkat toleransi terhadap sejumlah pandangan dan ungkapan orang lain.

Maggie Kay
Maggie Kay dari Adelaide.

ABC

Maggie Kay, Adelaide

Menurut saya, nilai Australia adalah tentang kemasyhuran, memiliki peluang yang sama, toleransi, rasa keadilan atas apa yang kita lakukan. Saya pikir para imigran harus tahu. Saya rasa Hari Anzac begitu penting dan memperingati Hari Australia pada tanggal 26 Januari karena begitulah keadaannya. Saya pikir itu adalah sesuatu yang diminta sebagian besar warga Australia kepada orang-orang yang datang ke negara baru mereka.

Jim
Jim dari Newcastle.

ABC

Jim, Newcastle

Jagalah diri anda sendiri. Jagalah kami semua. Bayangkan berapa banyak uang yang mereka berikan ke negara lain dan ada pensiunan di negara ini yang sedang bertempur. Kami kedatangan serombongan imigran, tak ada satu negara yang mendukung mereka.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.