ABC

ANZ Perketat Prosedur Pinjaman KPR Apartemen

Salah satu bank terbesar di Australia ANZ memberitahu para pialangnya untuk memperketat pembatasan pinjaman di 11 wilayah di Brisbane dan Perth. Dengan kebijakan baru ini pembeli sekarang perlu menyiapkan uang 20 persen yang muka sebelum mengajukan kredit.

Bank ANZ mengatakan akan membatasi peminjam pemilik dan peminjaman investasi hingga maksimum 80 persen dari nilai apartemen di tujuh daerah pinggiran di Brisbane - termasuk pusat kota Spring Hill yang trendi, Petrie Terrace dan CBD, di mana blok apartemen baru memiliki bermunculan.

Sementara itu, pembeli di pusat kawasan bisnis di Perth,  CBD, East Perth, South Perth, Kensington, Belmont, Ascot dan Redcliffe akan membutuhkan jumlah yang sama.

ANZ juga telah mengeluarkan panduan kepada pialang tentang cara terbaik untuk menilai secara akurat situasi keuangan klien, termasuk mencatat percakapan mereka.

Juru bicara ANZ mengatakan bahwa pembaruan tersebut berlaku untuk beberapa lokasi di Brisbane dan Perth dan merupakan bagian dari usaha mereka untuk memastikan bahwa kami memberikan pinjaman secara bertanggung jawab dan dengan mempertimbangkan semua tanggung jawab peraturan kami.

"Kami secara teratur memperhatikan sejumlah faktor dalam kaitannya dengan apartemen hunian untuk memastikan kita memenuhi tanggung jawab kita termasuk, penawaran dan permintaan, hasil sewa, tingkat kekosongan dan lokasi," kata juru bicara tersebut.

Dampak penipuan hipotek

Presiden Asosiasi Dukungan Perbankan dan Keuangan Investor Denise Brailey memperingatkan empat bank besar tersebut membatalkan beberapa biaya yang tidak populer dan membongkar aplikasi pinjaman rumah sebagai upaya terakhir untuk memenangkan dukungan publik dan mencegah sebuah Komisi Royal.

Pada hari Minggu, Commonwealth Bank mengumumkan bahwa pihaknya membatalkan biaya untuk pelanggan yang menggunakan mesin ATM bank lain. Keputusan itu segera diikuti oleh ANZ, Westpac dan NAB.

Brailey telah lama menuduh bank-bank melakukan penipuan hipotek yang meluas untuk meningkatkan keuntungan dengan sengaja menargetkan orang-orang yang rentan di masyarakat.

Ini termasuk pensiunan bank yang dijuluki pelanggan ARIP - atau aset kaya dan miskin pendapatan.

Brailey mengatakan bahwa dia memiliki lebih dari 2.000 orang berpenghasilan rendah di buku-bukunya yang telah kehilangan atau kehilangan rumah mereka setelah "diunggulkan oleh bank" dan memberikan pinjaman yang tidak mampu mereka bayar.

"Ini bukan insiden yang tidak terpisah, setiap kasus yang saya lihat telah mendapat kecurangan, beberapa di antaranya telah mendapatkan pemalsuan, tapi semuanya adalah pinjaman yang tidak terjangkau, tidak dapat dipungkiri, dan tidak terverifikasi.

"Dalam beberapa kasus, pelanggan lansia membayar bunga pinjaman mereka dengan uang bank."

Kelebihan pasokan 

Sementara itu, sebuah firma peramalan besar mengatakan ledakan hunian apartemen telah menghasilkan kelebihan pasokan tempat tinggal di Queensland, WA, SA, NT dan ACT.

BIS Oxford Economics juga memperkirakan merosotnya harga rumah dan konstruksi bangunan di Perth diperkirakan akan  berlanjut setidaknya 18 bulan lagi.

Direktur Eksekutif BIS Oxford Economics Robert Mellor mengatakan kelebihan pasokan tempat tinggal yang telah dipatok telah melihat harga rumah turun 13 persen di Perth dalam dua tahun terakhir, ke tingkat yang tidak terlihat sejak 2007.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.