ABC

Anjing Laut Ditemukan Tidur di Toilet Pekuburan

Anjing laut berbobot 120 kilogram yang diberi nama Sammy telah dibebaskan kembali ke pantai terdekat setelah kedapatan tidur didalam toilet pekuburan di Pesisir Barat Laut Tasmania.

Anjing laut berbulu jantan ini ditemukan sedang tertidur didalam sebuah bilik toilet wanita di Pemakaman Mersey Vale Lawn di Davenport (26/7).

Anggota dewan pemerintah lokal, Karina Moore mengatakan dia awalnya mengira ini sebuah lelucon ketika krunya mengirimkan dia email mengenai seekor anjing laut yang mereka panggil "Sammy".

Dia mengatakan penemuan anjing laut di pekuburan yang tidak lazim ini telah menarik perhatian warga di halaman Facebook Dewan Kota Davenport.

"Ini merupakan salah satu cerita baik yang sangat menyenangkan, tapi kami pastikan hewan ini aman dan dijaga oleh semua orang,"

Pakar Biologi dari Taman dan Satwa Liar, Rachel Alderman mengatakan petugas dari lembaganya telah membius dan mengurung Sammy di sebuah bilik toilet sebelum bersiap memindahkannya.

Petugas berhasil menutup pintu bilik toilet dan mengurung Sammy didalamnya, sehingga resiko gangguan antara anjing laut dan warga setempat bisa diantisipasi." katanya.

Parks and Wildlife officers set Sammy free on the beach.
Petugas Taman dan Satwa Liar membebaskan Sammy di pantai.

Supplied: Devonport Council

"Kami berusaha mengintervensi sedikit mungkin, tapi yang pasti dalam kasus ini, anjing laut tersebut harus sesegera mungkin diselamatkan dengan membawanya kembali ke air,"

"Sangat mungkin dia menyeberang jalan atau mendatangi tempat-tempat lain dan juga masalah keselamatan manusia bisa jadi salah satu kekhawatiran juga,":

Menurut Alderman, kemungkinan anjing laut ini telah berenang dari Horsehead Creak yang letaknya tidak terlalu jauh, dan sangat tidak anjing laut berhasil mencapai kawasan kota di Tasmania.

"Anjing laut jumlahnya sangat banyak di sekitar Tasmania, khususnya di Selat Bass, dan kami pernah menjumpai mereka di Cataract Gorge, padang, halaman belakang rumah warga, dan sekarang kita bisa menambahkan bilik toilet sebuah pekuburan ke dalam daftar itu."

Anjing laut itu telah dibebaskan di pantai terdekat.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini. Diterjemahkan pada pukul 17:50 wib, 26/07/2016, oleh Iffah Nur Arifah.