ABC

Angklung Indonesia Kejar Rekor Dunia di Adelaide

Satu lagi kebudayaan asal Indonesia akan digunakan dalam acara besar guna memecahkan rekor dunia. Sebagai bagian dari Royal Adelaide Show, pameran pertanian terbesar di Australia Selatan, akan diselenggarakan acara bermain angklung bersama-sama guna memecahkan rekor dunia.

Rekor dunia bermain angklung bersama-sama saat ini yang diakui oleh Guiness World of Record adalah yang dilakukan di ibukota Amerika Serikat, Washington DC dimana hadir resmi 5.185 warga memainkan angklung.

Royal Adelaide Show  (RAS) adalah pameran pertanian yang setiap tahun diselenggarakan di Adelaide pada bulan September. Acara ini biasanya berlangsung selama seminggu, dan di tahun 2014 akan berlangsung dari 5-14 September, dan merupakan acara terbesar yang dikunjungi oleh warga Adelaide maupun dari tempat lain.

Warga yang menghadiri Indofest di Adelaide April lalu mendapat angklung gratis. (Photo: Erwin Renaldi)
Tahun ini RAS merayakan penyelenggaraan ke-175 dan acara memainkan angklung in akan dilakukan pada hari Sabtu (13/9/2014), beberapa saat sebelum peluncuran kembang api. Setiap malam guna menutup hari, di RAS ini dilakukan peluncuran kembang api.

Menurut Ferry Chandra dari Adelaide Angklung Indonesia, sebuah kelompok angklung di Adelaide yang sudah aktif bermain angklung selama beberapa tahun terakhir, usaha pemecahan rekor ini merupakan kesempatan yang unik untuk semakin memperkenalkan angklung di Australia maupun di seluruh dunia.

"Saat ini kami sedang menyebarluaskan kabar untuk menarik siapa saja untuk ikut memeriahkan acara tersebut," kata Ferry Chandra kepada wartawan ABC L. Sastra Wijaya.

"Setiap orang yang ingin berbagian memecahkan rekor ini nantinya akan bisa mendaftar online, yg saat ini sedang dirancang sistimnya. Pada hari H, setiap yg hadir akan mendapat satu angklung gratis dan bisa dibawa pulang sebagai kenang kenangan dan bukti sudah ikut berpartisipasi untuk memecahkan rekor dunia," kata Ferry Chandra.

Bila anda berminat untuk berpartisipasi, anda bisa mendaftar lewat halaman Facebook berikut.
Lewat halaman Facebook ini juga nantinya, akan muncul informasi mengenai bagaimana memegang angklung, menggetarkan angklung, mengetahui not apa yg dimiliki.

"Semua akan diinformasikan melalui video clip di FB. Dan tentunya akan ada latihan singkat pada hari H-nya," kata Ferry Chandra.

Ditambahkan oleh Ferry Chandra bahwa saat ini di Bandung, sedang diproses pembuatan 10 ribu angklung yang aka digunakan dalam acara pemecahan rekor dunia ini.