ABC

Angin Kencang dan Banjir Bergerak ke Utara NSW, Warga Diperintahkan Mengungsi

Warga yang tinggal di bagian Utara New South Wales diperintahkan untuk mengungsi menghadapi banjir yang tidak terduga, dan bagian tenggara Queensland diterpa angin kencang dan hujan lebat.

Peringatan ini terbit menyusul sisa badai siklon Debbie yang terus bergerak ke arah selatan, yang menempatkan Gold Coast dalam status siaga banjir dan sebanyak 100.000 properti di sekitar bagian tenggara Queensland terputus aliran listriknya.
Di NSW, Layanan Kedaruratan (SES) memerintahkan warga di pusat kota Lismore, Lismore Utara dan Selatan untuk segera mengungsi, dimana SES mengatakan banjir kemungkinan akan meluap ke pusat-pusat kota pada tahapan apapun.
Warga diperingatkan operasi penyelamatan warga tidak akan mungkin dilakukan begitu banjir datang.

Banjir di Murwillumbah
Sebuah bangunan di Murwillumbah tenggelam karena banjir akibat badai siklon Debbie.

Supplied: Chad Westbury


Sebagai tambahan, Biro Prakiraan Cuaca (BOM) mengatakan hujan yang turun sepanjang malam akan mendorong tingkat ketinggian air di Sungai Wilsons naik hingga 11,5 meter pada Jum’at pagi (31/3/2017).
Beberapa bagian dari kota Lismore dan Murwillumbah sudah lebih dahulu tergenang air, dan Biro Prakiraan Cuaca (BOM) mengatakan ketinggian sungai Lismore diperkirakan akan lebih tinggi dari ketinggian sungai itu ketika banjir pada tahun 2001 dan 2005.

Curah hujan lebih dari 400 milimiter telah turun di beberapa daerah dan sedikitnya sudah 45 kali upaya penyelamatan akibat banjir dilakukan di sekitar kawasan Lismore.
"Sungai Wilson merupakan sumber kekhawatiran terbesar kita, ketinggian air di sungai ini meningkat dengan cepat dan kita akan langsung menerbitkan perintah evakuasi terhadap sekitar 6.000 orang di Lismore," kata penjabat Wakil Komisioner SES, Mark Morrow.
"Ini merupakan kondisi yang amat berbahaya di luar sana selama 24 jam mendatang.”

Pada Kamis sore (30/3) layanan kedaruratan NSW juga telah menerbitkan perintah evakuasi banjir dan mendesak warga yang berada di daerah Kyogle, Selatan Murwillumbah, Codong dan daerah Tumbulgum untuk mengungsi secepat mungkin.
Ada juga perintah evakuasi darurat bagi warga Chinderah, Tweed Heads Selatan, Kingsliff, Fingal head dan Bilambil.
Morrow memperingatkan sepanjang Kamis malam kemungkinan hujan yang lebih lebat akan turun dan mendesak warga untuk tetap mencari informasi terbaru dengan perubahan kondisi cuaca.

Cuaca buruk berlanjut

Banjir di Kota Lismore
Jalan Brewster di Kota Lismore yang banjir yang dipicu badai Debbie.

ABC News North Coast

Angin berkekuatan tinggi di Queensland telah mengakibatkan turunnya hujan deras di banyak daerah di wilayah tenggara yang menyebabkan terjadinya banjir bandang, penutupan jalan, dan penutupan sekolah-sekolah di kawasan antara Agnes Air dan perbatasan NSW.
Prakirawan cuaca senior dari Biro Prakiraan Cuaca (BOM) Craig Burke sebelumnya mengatakan cuaca buruk bisa berlanjut hingga Jumat dini hari (31/3/2017).

"Peringatan kewaspadaan terhadap curah hujan yang tinggi di wilayah Tenggara Queensland masih berlaku dan warga benar-benar harus mengurus diri sendiri dan mengikuti peringatan dan saran.
Warga Gold Coast telah diperingatkan untuk bersiap menghadapi banjir bandang, dengan Biro Prakiraan Cuaca mengatakan wilayah ini akan terus menerima curah hujan sejak dini hari.
Menteri Utama Annastacia Palaszczuk mengatakan warga perlu tetap berada didalam rumah mereka sepanjang Kamis malam.
"Kekhawatiran terbesar kami adalah tahap lanjutan dari badai ini, akan datang angin kencang," kata Palaszczuk.
"Angin kencang ini baru saja melanda Sunshine Coast, kita mendengar beberapa laporan awal kerusakan, sejauh ini kerusakan yang dilaporkan hanya berupa kerusakan struktural kecil jadi beberapa jam mendatang, akan sangat penting bagi warga untuk tetap berada di dalam ruangan."

Diterjemahkan pada pukul 20:00WIB, 30/3/2017 oleh Iffah Nur Arifah dan simak beritanya dalam artikel Bahasa Inggris disini.