ABC

Anggota Parlemen Partai Buruh Mundur Dari Organisasi Afiliasi Partai Komunis China

Anggota Parlemen Australia Barat kelahiran China, Pierre Yang mengundurkan diri dari keanggotaan dua organisasi yang diduga berafiliasi dengan Partai Komunis China yang tengah menjadi sorotan media.

Pierre Yang, anggota dari parlemen Australia Barat (WA), mengatakan bahwa dia "mengabaikan" mendeklarasikan keanggotaannya di Federasi China Timur Laut (Northeast China Federation Inc) dan Asosiasi Tiongkok Raya (Association of Great China) dalam daftar kepentingan parlementernya.

"Mulai pagi ini, saya mengundurkan diri sebagai anggota dari Federasi China Timur Laut (Northeast China Federation) dan Asosiasi Tiongkok Raya (Assotiation Great China)," katanya dalam sebuah pernyataan setelah sebuah cerita tentang keanggotaannya di dua organisasi itu diterbitkan oleh News Corp pada Selasa (4/12/2018) pagi.

"Saya mengabaikan memasukkan kedua organisasi itu dalam daftar kepentingan parlementer yang saya sertakan, bersama dengan keanggotaan saya di William Langford Community House."

Pierre Yang juga menegaskan kepada ABC bahwa ia adalah penasihat hukum sukarela untuk Federasi China Timur Laut dan Asosiasi Tiongkok Raya hingga Agustus 2017, yang beberapa bulan setelah masa jabatan parlemennya dimulai pada Mei 2017.

Namun dia mengatakan dia tidak pernah "menangani kasus hukum" untuk organisasi manapun.

Pria berusia 35 tahun, yang lahir di provinsi Heilongjiang China, adalah sekretaris parlemen Partai Buruh di Dewan Legislatif Australia Barat (WA).

Anggota Parlemen WA ini diharuskan untuk menyatakan setiap "posisi dalam serikat pekerja dan asosiasi profesional atau bisnis" pada daftar kepentingan parlementer mereka.

Dalam daftar kepentingan parlemen yang dikembalikan yang bertanggal 22 Mei 2017, Pierre Yang menyatakan ia adalah anggota dari sejumlah organisasi, termasuk asosiasi masyarakat Tionghoa Chung Wah, Kamar Dagang China WA dan organisasi advokasi pria Men’s Shed di Australia Barat.

Namun dia tidak menyatakan keanggotaannya di Federasi China Timur Laut atau Asosiasi Tiongkok Besar.

Daftar kepentingan Pierre Yang
Daftar kepentingan parlementer Pierre Yang tidak mencantumkan keanggotaannya pada dua organisasi yang berkaitan dengan Partai Komunis China.

Supplied

Kelompok 'berafiliasi dengan Partai Komunis'

Catherine Yeung, mantan kepala Studi China di Universitas Curtin, Perth, mengatakan Federasi China Timur Laut Inc berafiliasi dengan Departemen Pekerjaan Front United - sebuah lembaga Partai Komunis yang mempromosikan kepentingan politik China di luar negeri.

Dia mengatakan, Asosiasi Tiongkok Raya menandatangani sebuah surat yang mendukung klaim kedaulatan Tiongkok di Laut China Selatan.

"Saya hanya ingin tahu apa peran seorang politisi Australia dalam organisasi itu?" katanya.

Tapi Pierre Yang mengatakan kesetiaannya adalah pada Australia.

"Saya anggota komunitas yang aktif, dan saya terlibat dengan banyak kelompok komunitas," kata Yang dalam sebuah pernyataan kepada ABC.

"Saya warga Australia yang bangga. Kesetiaan saya adalah ke Australia."

Pierre Yang mengatakan dia "mendukung hak semua bangsa untuk menggunakan kebebasan navigasi" di Laut Cina Selatan - yang merupakan sikap Australia.

Menteri utama WA Mark Gowan dan anggota partai Buruh Pierre Yang
Pierre Yang keluar dari keanggotaannya pada dua organisasi yang diduga berkaitan dengan Partai Komunis China.

Facebook: Pierre Yang

Tapi menteri bayangan untuk akuntabilitas pemerintah Tjorn Sibma menolak penjelasan Pierre Yang.

"Menurut Saya alasan Pierre Yang bahwa dia "mengabaikan" menyatakan keanggotaannya dari dua asosiasi yang mempromosikan kepentingan kebijakan luar negeri dari Pemerintah China menjadi sangat tidak mungkin," kata Sibma.

"Semua anggota Parlemen yang masuk diberi penjelasan oleh panitera tentang tanggung jawab pengungkapan mereka.

"Pierre Yang adalah seorang yang cerdas dan akan mengerti dengan jelas kewajibannya untuk mengungkapkan keanggotaannya.

"Apalagi, sebagai sekretaris parlemen di Dewan Legislatif dia sangat akrab dengan aturan yang berlaku."

Situs Asosiasi Tiongkok Raya menampilkan pesan dari mantan Perdana Menteri Australia, Colin Barnett, yang memujinya, "meningkatkan pertukaran budaya antara WA dan China daratan, dan dalam upayanya yang luas dalam membantu pemukiman pendatang baru di Australia Barat".

Dukungan Menteri Utama WA

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Utama WA, Mark McGowan mengatakan Pierre Yang adalah "anggota terhormat dan dihormati" dari timnya, "yang sangat saya hormati".

"Pelayanannya yang membanggakan bagi negara bagian ini, melayani sebagai Kapten Angkatan Darat Cadangan Australia, kiprahnya telah banyak menunjukan dirinya," katanya.

"Pierre adalah salah satu orang yang paling tulus, paling baik dan penuh perhatian yang saya kenal dan saya sepenuhnya percaya kepadanya."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.