ABC

Anak Zaman Sekarang Kurang Berolahraga

Seiring dengan semakin banyak bermunculan gadget, kini anak-anak lebih banyak bermain dengan menggunakan komputer atau tablet. Akibatnya, mereka jarang untuk beraktivitas di luar ruangan. Australia menjadi salah satu negara dengan anak-anak yang paling kurang beraktivitas fisik. 

Laporan terbaru dari Kesehatan Anak Aktif, yang disusun oleh ilmuwan dari sejumlah universitas di Australia dan didukung oleh The Heart Foundation, yayasan pemerhati masalah hati, menemukan 80 persen anak-anak berusia lima hingga 17 tahun tidak melakukan olahraga sehari-hari.

Penulis laporan tersebut, Natasha Schranz mengatakan anak-anak di Australia tidak sering melakukan aktivitas di luar ruangan karena pengaruh komputer dan televisi.

(Foto: Steve Woods, www.sxc.hu)

"Kita tidak bisa hanya menggandalkan orangtua agar anak-anak tidak terlalu sering menggunakan teknologi. Kita harus meyakinkannya dengan cara meningkatkan kegiatan fisik dan ini harus melibatkan tingkat nasional," jelas Dr Schranz.

Dari laporan tersebut juga disebutkan 80 persen anak-anak Australia berusia 12 hingga 17 tahun melihat layar lebih dari dua jam sehari. Ini jauh melebihi apa yang direkomendasikan.

Dr Schranz juga mengatakan meski banyak anak-anak yang berpartisipasi dalam olahraga, tetapi tidak cukup untuk membuat mereka menjadi sehat.

"Jadi beberapa aktivitas harus lebih banyak dilakukan, seperti keluar rumah, bermain bola, atau berlari, atau ke taman bersama anjing, berjalan dari rumah ke sekolah. Tapi juga mengurangi melihat layar dan tidak terlalu lama duduk terus menerus.

Laporan menyebutkan Australia mendapat peringkat A+ untuk komunitas dengan lingkungan yang baik, tetapi peringkat D- untuk aktivitas fisik bagi anak-anak, dan B- untuk tingkat partisipasi dalam olahraga.

Menangkan belajar bahasa Inggris di Australia, gratis - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus