ABC

Anak Beruang yang Baru Lahir di Sea World Gold Coast Mati

Seekor anak beruang kutub yang lahir di taman hiburan Sea World, Gold Coast, kurang dari dua pekan lalu, mati.

Anak beruang berjenis kelamin betina itu ukuran tubuhnya memang lebih kecil dari dua anak beruang lain yang lahir di Taman Hiburan Sea World, Gold Coast akhir April lalu.
Direktur Ilmu Kelautan Sea World, Trevor Long, mengatakan, staf di Sea world sangat kehilangan atas kematian anak beruang kutub tersebut.

“Staf kami menyikapi kabar ini dengan sangat berat,” imbuhnya.
Kewaspadaan terhadap kondisi anak beruang itu meningkat pada Hari Kamis ((4/5/2017) menyusul kekhawatiran anak beruang itu tidak mendapatkan cukup susu atau tidak berkembang dalam tingkat yang sehat.
Staf kemudian mengambil anak beruang yang tampak bermasalah itu pada Sabtu pagi (6/5/2017) dan menempatkannya di inkubator.

Namun demikian, terlepas dari upaya yang mereka lakukan, anak beruang itu mati pada Sabtu malam (6/5/2017).
Dr Long mengatakan, anak beruang yang berhasil selamat berkembang dengan baik dan mengatakan, bahwa kematian semacam ini wajar terjadi bagi beruang kutub dan karnivora besar lainnya.
"Pada tahun 2013, Liya melahirkan dua anak dan dia membesarkan kedua anaknya itu selama 12 jam kemudian meninggalkan satu anaknya dan memilih untuk membesarkan satu anak yang lain," katanya.
"Namun kali ini, Liya berhasil merawat ketiga anaknya selama delapan atau sembilan hari dan kami menganggapnya sebagai situasi positif."
Anak beruang yang tersisa dan Liya saat ini mendapatkan pengamatan penuh selama 24 jam sehari.

Diterjemahkan pada pukul 16.00 WIB, 9/5/2017 oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.