ABC

Anak Balita di NSW akan Dapat Vaksin Flu Gratis

Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW), Australia, mengumumkan anak-anak di wilayah mereka yang berusia di bawah lima tahun berhak mendapatkan vaksin flu gratis. Program ini dapat menghemat para orang tua sekitar $ 50 atau setara Rp 530 ribu per anak.

Menteri Utama NSW, Gladys Berejiklian, mengatakan 400.000 anak yang memenuhi syarat berusia antara enam bulan dan lima tahun akan dapat memperoleh vaksin tersebut dari bulan April mendatang.

"Tahun lalu merupakan musim flu yang menyeramkan," katanya.

"Terlalu sering kita mendengar tentang orang-orang yang paling rentan, termasuk anak kecil, berada pada situasi yang tidak menentu," kata Berejiklian.

"Vaksinasi flu gratis untuk anak-anak berusia antara enam bulan dan lima tahun adalah program yang bagus. Tolong pergunakan kesempatan ini."

Pemerintah NSW memutuskan untuk mendanai skema senilai $ 3,5 juta (Rp37 miliar) ini setelah tahun lalu, negara bagian tersebut mengalami musim flu terburuk sejak 2009.

Ada lebih dari 12.000 kasus influenza yang dikonfirmasi terjadi pada anak balita, kata Menteri Kesehatan NSW, Brad Hazzard.

"Kami memiliki banyak anak, sebenarnya dua kali lipat jumlah pasien anak-anak, yang dirawat di rumah sakit seperti Westmead karena flu," katanya.

"Flu, sayangnya, bisa membunuh dan bisa menyebabkan segala macam masalah yang sedang berlangsung.”

"Tahun lalu di NSW ada beberapa anak meninggal dunia dan kami juga mendapati anak dan keluarga lain yang sangat menderita."

Perubahan untuk memperbaiki tingkat vaksinasi flu

Kepala petugas medis NSW,  Kerry Chant mengatakan bahwa belum pernah ada tingkat vaksinasi yang kuat di masa lalu.

"Kami menghapus satu penghalang yaitu biaya vaksin tapi kami juga menyediakan stok vaksin di lemari es dokter, jadi sekali lagi dapat menghilangkan penghalang tambahan bagi pasien yang berpotensi harus pergi ke apotek dan kemudian membawa vaksin tersebut kembali ke dokter umum,” paparnya.

"Jadi dua langkah ini kami harapkan akan secara signifikan memperbaiki penyerapan vaksin."

Menteri Kesehatan Oposisi NSW, Walt Secord, mengatakan bahwa menawarkan suntikan flu gratis kepada anak-anak adalah sebuah awal, namun diperlukan pendekatan yang lebih komprehensif.

Menurutnya rencana lima poin juga tetap diperlukan, yang mencakup vaksinasi gratis atau subsidi untuk orang-orang yang lebih luas, praktik kebersihan yang ditingkatkan di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, stadion olahraga dan tempat-tempat wisata, ditambah sebuah kampanye pendidikan masyarakat tentang cara menghentikan penyebaran kuman.

Vaksin ini akan mencakup empat jenis virus influenza, dua jenis A dan dua jenis B.

Anak-anak yang tidak pernah mendapatkan vaksinasi flu harus mendapatkan dua dosis vaksin, dengan jarak vaksinasi satu bulan dan kemudian melakukan satu vaksinasi flu setiap tahun setelahnya.

Vaksin ini akan tersedia di dokter umum, pusat kesehatan Aborigin, pusat komunitas atau dewan daerah yang saat ini menjalankan program imunisasi.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.