ABC

Amazon Bangun Gudang Pengiriman di Melbourne

Perusahaan raksasa yang bergerak hanya di online dari Amerika Serikat Amazon baru saja mengumumkan akan membangun gudang besarnya yang pertama di Australia di pinggiran kota Melbourne yang akan mempekerjakan ratusan orang.

Perusahaan tersebut mengatakan akan segera merekrut pegawai baru untuk menjalankan gudang sebesar 24 ribu meter persegi di kawasan Dandeong South, sekitar 41 km arah tenggara dari pusat kota Melbourne.

Kehadiran Amazon ini sudah disambut dengan rasa khawatir oleh perusahaan-perusahaan ritel Australia yang khawatir bisnis mereka akan terganggu.

"Ini adalah awal." kata direktur operasi Amazon di Australia, Robert Bruce dalam sebuah pernyataan.

"Dengan berjalannya waktu, kami akan mempekerjakan ribuan orang di Australia dan membawa masuk investasi jutaan dolar, selain juga kesempatan bagi ribuan bisnis Australia untuk menjual barang-barang mereka di dalam negeri maupun ke luar negeri lewat Amazon Marketplace."

Amazon sekarang dua kali lebih besar dari perusahaan Amerika Serikat lainnya Walmart, yang sebelumnya adalah perusahaan ritel terbesar di dunia.

Kehadiran Amazon dilihat oleh banyak perusaahaan Australia sebagai "Death Star', bintang yang membawa kematian.

Analis di perusahaan jasa keuangan Morgan Stanley memperkirakan kehasiran Amazon di Australia akan membawa dampak besar bagi sektor ritel dan memberikan ancaman besar bagi perusahaan ritel yang sudah ada seperti Wesfarmers, Woolworths dan Myer.

Akhir bulan lalu, direktur eksekutif Amazon Jeff Bezos selama beberapa jam menjadi orang terkaya di dunia, menurut majalah bisnis Forbes, sebelum kemudian digantikan lagi oleh pendiri Microsoft Bill Gates.

Bezos, yang juga memiliki harian The Washington Post, diperkirakan memiliki kekayaan senilai $ US 90 miliar.

Bulan Juni lalu, Amazon membeli perusahaan supermarket kelas atas di Amerika Serikat Whole Foods.

Diterjemahkan pukul 14:00 AEST 3/8/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini