ABC

AM Fatwa Meninggal Dunia

Salah seorang tokoh politik yang sudah lama berkiprah di Indonesia Andi Mappetahang Fatwa yang lebih dikenal dengan AM Fatwa hari Kamis (14/12/2017) meninggal dunia di Jakarta pada usia 78 tahun.

Meninggalnya Fatwa disampaikan oleh putrinya Dian Islamiati lewat pesan ke berbagai teman dan di media sosial.

"Innalillahi wa inna ilahi rojiun. Telah meninggal dunia ayahanda AM Fatwa pukul 6.25am di rumah sakit MMC dalam usia 78 tahun. Mohon dibukakan pintu maaf dan mudah-mudahan ayah mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt."

"Jenazah akan disholatkan di rumah duka Jalan Condet Pejaten no 11, belakang Republika dan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata ba'da dhuhur," demikian pesan yang disampaikan Dian.

Dian Islamiati adalah juga staf ABC yang bekerja di Melbourne, dan sudah kembali ke Indonesia selama dua pekan terakhir guna mendampingi AM Fatwa yang dirawat di rumah sakit sebelum meninggal.

Sampai akhir hayatnya, AM Fatwa adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang mewakili Provinsi DKI Jakarta.

Dalam karir politiknya yang berlangsung selama beberapa dekade, AM Fatwa adalah salah seorang deklarator berdirinya Partai Amanat Nasional, yang didirikan setelah masa reformasi menyusul berakhirnya pemerintahan Presiden Soeharto di tahun 1998.

Dalam Pemilu 1999, AM Fatwa terpilih menjadi anggota DPR mewakili PAN dan menduduki jabatan wakil ketua DPR antara tahun 1999-2004.

Di pemilu 2004, ia terpilih untuk kedua kalinya dari PAN, dan kemudian menjadi Wakil Ketua MPR di tahun 2004-2009.

Pada Pemilu 2009 dan 2014, AM Fatwa memutuskan maju sebagai calon perorangan dan terpilih menjadi anggota DPD Senator dari DKI Jakarta.

Sebelumnya di masa pemerintahan Orde Baru, AM Fatwa pernah menjalani tahanan penjara karena perlawanan terhadap Pemerintahan Orde Baru yang berkuasa ketika itu.

Menurut Wikipedia, AM Fatwa secara keseluruhan menghabiskan waktu selama 12 tahun di penjara, selain tahanan luar atas berbagai tindaikan yang dilakukannya yang tidak disukai pemerintah ketika itu.

AM Fatwa mendampingi Dian Fatwa menghadiri wisuda S2 di Monash University di tahun 2016.
AM Fatwa mendampingi Dian Fatwa menghadiri wisuda S2 di Monash University di tahun 2016.

Foto: Istimewa